Jelang Tahun Baru, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Chek di Dermaga Pasar Pagi

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur Bidang Pelayaran melakukan kegiatan Ramp Check (pemeriksaan lapangan) di sepanjang Dermaga Pasar Pagi, Samarinda, Rabu (19/12/2018) Pagi.

Ruslan Abdullah, Kasi  Angkutan dan Pelayaran Dishub Provinsi Kaltim mengatakan kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun untuk mengantisipasi agar angkutan air mematuhi syarat-syarat keamanan bagi awak kapal maupun penumpang kapal, apa lagi mendekati tahun baru begitu banyak yang menggunakan kapal.

“Beberapa kapal penumpang pengangkut masih harus memenuhi syarat-syarat keamanan seperti life jacket, dan juga masih banyak yang tidak bisa menunjukkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) awak kapal,” kata Abdullah di sela-sela kegiatan.

Transportasi kapal dinilai sangat membantu tapi sangat disayangkan perlengkapan untuk keamanan masih kurang, seperti penumpang banyak tetapi hanya mempunyai life jacket satu saja. Itupun juga tidak digunakan saat menyeberang ke dermaga seberang.

Bukan hanya itu saja, jembatan yang mulai rentan atau sudah cukup tua ini dinilainya juga sangat membahayakan bagi pengguna jalan penyeberangan kapal motor. (Hery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.