Pilgub Kaltim, Syarifuddin : Pengantaran Kotak Suara Berjalan Lancar

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim di Hotel Bumi Senyiur Samarinda,  berjalan lancar meski sempat diwarnai aksi walk out (WO) saksi pasangan calon (Paslon) nomor 4 Rusmadi-Safaruddin, Minggu (8/7/2018) pagi.

Sebelumnya, pengantaran kotak suara dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim di bawah pengawalan Bawaslu dan anggota Kepolisian berjalan lancar tanpa mengalami kendala sedikitpun. Hal itu disampaikan Sekretaris KPU Kaltim, Syarifuddin Rusli, sesaat setelah rapat pleno terbuka penghitungan suara digelar.

“Berkaitan dengan logistik pengataran kotak suara dari Kabupaten/Kota berjalan lancar, diamankan oleh pihak Kepolisian dan Bawaslu,” kata Syarifuddin.

Dalam penghitungan bersama anggota KPU Kaltim yang dilakukan koordinator daerah masing-masing, kata Syarifuddin lebih lanjut, juga tidak ditemukan masalah yang berakibat pada timbulnya penghitungan ulang atau permintaan pemilihan ulang. Saksi Paslon menyatakan menerima.

“Saksi Paslon satu, dua, dan tiga menyatakan bahwa semua clear (beres), semua menerima termasuk Bawaslu. Jadi Alhamdulillah,” imbuhnya.

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018, KPU Kabupaten/Kota dipersilahkan secara bergantian menyampaikan laporannya.

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara dari seluruh Kabupaten/Kota diketahui pasangan calon (Paslon) Sofyan-Rizal meraih 288.166 suara (21,61%), Jaang-Ferdi meraih 302.987  suara (22,72%), Isran-Hadi meraih 417.711 suara (31,33%), dan Rusmadi–Safaruddin meraih 324.226 suara (24,32%).

Isran-Hadi sebagai peraih suara terbanyak unggul di 5 Kabupaten/Kota, masing-masing Berau, Samarinda, Kutai Kartanegara, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Untuk Kota Balikpapan Rusmadi-Safaruddin mengungguli Paslon lainnya. Sedangkan Sofyan-Rizal unggul di Kota Bontang, dan Jaang-Ferdi unggul di Kutai Barat, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu. (LVL)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.