Mahasiswa Bedah Anggaran di Bulan Ramadhan Bersama Anggota DPR RI

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Banyak cara mengisi waktu di bulan suci Ramadhan. Seperti kegiatan belajar Bedah Anggaran yang diselenggarakan oleh Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur-Kalimantan Utara Hetifah Sjaifudian.

Wakil rakyat yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI, memang rutin menggelar kegiatan bagi mahasiswa maupun jurnalis di Samarinda.

Kali ini bertempat di Hotel Harris, Jalan Untung Suropati, Jum’at (1/6/2018). Hetifah menghadirkan Nandang Suherman, Pakar Anggaran Daerah dan Dewan Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) untuk memberikan pemahaman tentang seluk beluk anggaran kepada belasan mahasiswa dan perwakilan forum di Kaltim.

Kepada media Hetifah mengaku, kegiatan ini ditargetkan mampu memberikan kesadaran agar warga Kaltim dapat mengambil peran dalam mengawasi jalannya anggaran.

“Kegiatan ini juga atas dasar permintaan mahasiswa karena mereka ingin tahu bagaimana proses pembuatan anggaran dari APBD hingga APBN,” kata Hetifah.

Dalam kegiatan tersebut, ia juga mendapat aduan bahwa transparansi anggaran di Kaltim belum berjalan maksimal.

Sehingga Hetifah juga mendorong kepada setiap Pemerintah Daerah untuk bisa terbuka dengan masyarakat, khususnya dalam pemanfaatan APBD.

“Kegiatan ini juga bermaksud agar masyarakat melek anggaran sehingga warga bisa ikut andil dalam pelaksanaan APBD. Jangan sampai ada kecurigaan antara warga dengan pemerintah dan DPRD,” uraiannya.

Terpisah, Nandang selaku narasumber pada diskusi bedah anggaran tersebut menambahkan, transparansi anggaran diperlukan untuk mendorong ketepatan penggunaan anggaran.

“Makanya kita ajak yang hadir disini agar mereka memiliki semangat dalam mempelajari anggaran. Sehingga mereka dapat mengambil kapasitas untuk mendorong pemerintah lebih terbuka dengan anggaran yang sering jadi tempat praktek korupsi,” singkat Nandang. (Melisa)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.