Tim Sukses Kaltim Pada PON XIX Terbentuk, Gubernur Ancam Perusahaan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Keseriusan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk mempertahankan posisi 5 besar Kaltim di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 yang akan di gelar di Bandung pertengahan September 2016 tidak perlu diragukan lagi.

Dukungannya terus dibuktikan melalui berbagai bentuk, mulai pengalokasian anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tidak sedikit, hingga memprakarsai terbentuknya Tim Sukses Kaltim pada PON XIX yang dikukuhkan di Lamin Etam Samarinda, Minggu (15/5/2016) malam sekitar Pukul 21.00 WITA.

Melalui Surat Keputusan 426/K.301/2016 tentang pembentukan tim sukses pemenangan PON XIX 2016 di Jawa Barat tertanggal 13 Mei 2016, Gubernur Kaltim menempatkan dalam susunan tim pemenangan  Kolonel CHB Aris Sembiring selaku komandan, sedangkan dalam Dewan Penasehat selain Gubernur sendiri, ada Ketua DPRD Kaltim, Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kalimantan Timur.

Tim sukses ini bertugas untuk memberikan dukungan secara maksimal terhadap persiapan kontingen untuk memenangkan PON XIX, kemudian mengoptimalkan peran serta masyarakat atau pemangku kepentingan dan dunia usaha dalam mensukeskan persiapan kontingen sampai pelaksanaan PON berakhir, dan mempertahankan prestasi emas dan peringkat 5 besar Kalimantan Timur.

Ketua Pegprov FORKI
Ketua Pegprov FORKI Kaltim H.Akil Mappeasse (kiri) bersama Komandan Puslatda Sumarlani dan Ketua Pengprov Wushu Kaltim Saifuddin Zuhri (kanan) turut hadir. (foto:LVL)

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim menekankan kepada perusahaan bapak angkat cabang olah raga (Cabor) untuk peduli kepada Kalimantan Timur, dengan menyisihkan sedikit keuntungan usahanya untuk berpartisipasi dalam meraih target PON XIX 2016.

Bagi yang tidak berpartisipasi, Gubernur mengancam akan menahan proper-nya yang tidak lama lagi akan diumumkan.

“Bagi yang tidak berpartisipasi, propernya akan kita tunda. Saya akan buktikan itu, dan jangan malu kalau nanti dipanggil naik tapi tidak dikasikan hasil propernya,” tegas Awang Faroek.

Awang bahkan mengancam, bagi perusahaan tambang, perkebunan maupun kehutanan yang memiliki proper merah akan diturunkan menjadi hitam atau yang biru diturunkan menjadi merah.

Proper adalah hasil penilaian Kementerian Lingkungan Hidup mengenai kinerja perusahaan dalam Program Peringkat Kinerja Perusahaan.

Dari pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com di tempat acara, perusahaan yang hadir dalam acara ini hanya ada 30 perusahaan. 14 dari bidang kehutanan, 4 dari perkebunan, dan 12 dari pertambangan. Sedangkan jumlah cabor yang lolos ke PON XIX ada 42. (LVL)

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.