Bulan Mei PSSI Kukar Akan Gulirkan Bupati Cup

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Asosiasi Kabupaten PSSI Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur tahun ini akan kembali menggulirkan turnamen sepakbola Bupati Cup, yang telah lama tidak dilaksanakan.

Sekretaris Umum Askab PSSI Kukar Aripin Noor mengatakan, turnamen itu akan bergulir sekitar tiga bulan, yaiu rencananya dimulai sejak tangga 6 Mei sampai 24 Juli 2016.

Arifin mengtakan, format Bupati Cup tahun ini tidak lagi menggunakan sistem knock out atau sistem gugur yang pelaksanaannya dipusatkan di Tenggarong. Kali ini penyelenggaraan akan dibagi dalam tiga zona, Zona I di daerah Hulu Mahakam, Zona II atau Zona Tengah dan terahir Zona III atau daerah pesisir.  .

“Masing-masing zona ini terdiri dari 2 grup yang setiap grupnya diikuti 3 tim kecamatan. Jadi secara keseluruhan ada 6 grup yang akan melaksanakan pertandingan penyisihan,” ujar mantan pemain Persiku Kutai ini.

Peserta turnamen ini adalah 18 tim yang mewakili 18 kecamatan se Kukar, artinya setiap Kecamatan hanya boleh menyertakan satu tim saja.

Arifin mengataan, panitia hanya mengambil 8 tim yang lolos babak 8 besar, komposisinya terdiri dari enam tim yang menjuarai masing-masing grup kemudian ditambah dua tim runner up terbaik.

“Dua tim terbaik masing-masing grup di babak 8 besar ini berhak maju ke babak semifinal yang rencananya dilaksanakan pada 22 Juli 2016. Sedangkan laga final, termasuk perebutan tempat ketiga, akan digelar pada 24 Juli 2016 di Stadion Aji Imbut,” sebut Arifin.

Untuk regulasi, dikatakannya, setiap tim Kecamatan dapat mendaftarkan minimal 18 pemain dan maksimal 23 pemain. Di mana seluruh pemain yang didaftarkan adalah pemain amatir dari kecamatan masing-masing, yang dibuktikan dengan E-KTP serta surat keterangan domisili dari kecamatan bersangkutan.

“Setiap tim kecamatan wajib menyertakan minimal orang 5 pemain berusia di bawah 19 tahun atau U-19. Kita juga ingin pembinaan pemain usia muda juga dapat berjalan lewat turnamen Bupati Kukar Cup ini,” pungkasnya. (HA)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.