SMUN 10 Terapkan Sistem 4 S untuk Bangun Karakter Siswa

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pendidikan adalah suatu proses pembangunan karakter untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Karena karakter terbangun secara otomatis untuk kebiasaan positif.

Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMUN 10 Samarinda Armin Kepada DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya Jum’at (11/3/2016).

Untuk itu, SMAN 10 Samarinda mengedepankan sikap 4 S (Sapa,Senyum,Salam dan Santun), sebab pendidikan harus membangun jiwanya. Setelah jiwanya terbangun dengan baik maka nanti dipetik juaranya, sesuai visi SMUN 10 Samarinda “Sekolah itu tidak untuk hidup kamu tapi untuk hidup orang lain”.

“Saat ini banyak orang yang salah mengartikan tentang pendidikan dalam artian pencapaian suatu prestasi tanpa mengedepankan pembangunan karakter serta kualitas SDM, sementara pembangunan karakter harus dibangun sejak dini agar memiliki dan tumbuh kepribadian yang kuat,” jelasnya.

Armin menambahkan, saat ini banyak orang yang mengedepankan prestasi dan juara tanpa ada pembangunan karakter. Pemikirkan itu akan membuat orang memilih cara yang instant dalam pencapaian suatu prestasi tanpa mengedepankan SDM yang berkualitas. Hal seperti itu yang merapuhkan mental serta jiwa seseorang nantinya ketika menjadi pemimpin.

Untuk itu, ia berharap kepada pelaku pendidikan khususnya, agar mengedepankan pembangunan karakter agar nantinya menciptakan SDM yang berkualitas dalam membangun bangsa Indonesia yang bermartabat. (DK1)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.