Pilkada Kaltim, Boleh Kampanye di Kampus dengan Syarat

Qoyyim: Atribut Kampanye Tidak Boleh Digunakan

0 66

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Abdul Qayyim Rasyid mengonfirmasi, kampanye oleh Pasangan Calon peserta Pilkada 2024 di kampus diperbolehkan, dengan sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi dan dipatuhi.

Salah satu aturan utamanya adalah larangan penggunaan atribut kampanye dalam lingkungan kampus, baik untuk partai politik maupun calon tertentu.

“Memang benar kampanye di kampus diperbolehkan, namun atribut kampanye tidak boleh digunakan. Ini untuk menjaga netralitas dan suasana akademis kampus tetap kondusif,” ujar Abdul Qayyim Rasyid, Kamis (26/9/2024).

Selain itu, Qayyim juga menambahkan, bahwa kegiatan kampanye harus memperhatikan kapasitas ruangan, baik itu untuk kegiatan yang diselenggarakan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).

“Penyelenggaraan acara harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang ada, demi kenyamanan dan keamanan peserta serta kelancaran kegiatan,” jelas Qoyyim.

Baca Juga:

Langkah ini diambil, kata dia, guna memastikan kampanye di kalangan Mahasiswa berjalan sesuai aturan yang berlaku, tanpa mengurangi esensi dari pendidikan politik yang dapat diterima oleh generasi muda.

“KPU berharap, kampus tetap menjadi tempat yang netral dan akademis, serta berperan penting dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat, khususnya para pemilih pemula. Dengan adanya ketentuan ini, diharapkan para peserta kampanye, baik tim sukses maupun partai politik, dapat mematuhi aturan demi terciptanya Pemilu yang bersih dan berintegritas.” kata Qoyyim menandaskan.

Pilkada di Kaltim akan digelar, Rabu 27 November 2024 bersamaan dengan penyelenggaraan di sejumlah daerah di Indonesia. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Adv

Editor: Lukman

(Visited 5 times, 8 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!