Longsor Timpa 2 Rumah di Gang Damai Samarinda

Kepala BPDB Himbau Cek Kondisi Tanah Sekeliling

0 131

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan longsor di Jalan Damai, Gang 3, RT 25, Kelurahan Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir. Dari kejadian tersebut, sebuah rumah yang baru saja dibangun ambruk, Senin (31/1/2022) sekitar Pukul 16:30 Wita.

Bangunan tersebut berdiri di atas bukit, material bangunan longsor menimpa 2 bangunan rumah yang ada di bawahnya. Meski tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa, namun atas kejadian itu bangunan yang ambruk mengalami kerusakan cukup parah termasuk 2 rumah terdampak di bawahnya.

Pemilik bangunan ambruk Hadi Purnomo menyebut, kejadian ambruknya bangunan miliknya terjadi saat hujan cukup deras di kawasan tersebut. Hadi dan keluarga saat itu berada di rumah sewaan, tak jauh dari rumah yang rencana ditempati tersebut.

“Kami tinggal dengan menyewa rumah di bawah. Rencana mau tinggal di bangunan yang tengah dibangun itu. Malah ambruk, Ya mau bagaimana. Pelan-pelan dibenahi. Kalau bantuan belum ada sama sekali,” kata Hadi.

Baca Juga :

Suwarso, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda menjelaskan, pihaknya yang menerima informasi telah melakukan pengecekan. Melihat kondisi longsor, pihak BPBD mengimbau warga yang bermukim di daerah rawan longsor untuk mengantisipasi kemungkinan bencana tersebut saat musim penghujan.

“Keterbatasan alat seperti excavator mini atau Dump Truk untuk angkutan material personel. Sementara yang dapat dilakukan adalah mengimbau warga yang bermukim di daerah bertebing, atau perbukitan untuk mengecek kondisi tanah di sekelilingnya,” ujar Suwarso kepada awak media DETAKKaltim.Com saat dikonfirmasi, Selasa (1/2/2022) siang.

Baca Juga :

Selanjutnya pihaknya juga menghimbau warga untuk mengecek saluran air, agar bebas dari sumbatan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya banjir saat musim penghujan.

“Kurangi kerimbunan dahan pohon, terutama yang berada di atas tebing, agar tidak menambah beban saat musim hujan sehingga bisa memicu terjadinya longsor.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 56 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!