BREAKING NEWS! Warga Muara Kembang Hilang

Ahmadi Bin Kuntu, korban yang selamat setelah ditolong awak Perahu Ketinting yang kebetulan melintas. (foto : Tim SAR)

Sepasang Pasutri Diselamatkan Kapal Ketinting Lewat

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan, Kaltim, kembali menerima informasi kondisi membahayakan manusia (KMM) di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (1/2/2020) Pukul 05:30 Wita.

“Telah terjadi kecelakaan laut yang mengakibatkan korban tenggelam di Perairan Buy 09 Muara Pegah, Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa, Kukar, Kamis 30 Januari 2020 Pukul 09:30 Wita,” kata Octavianto, Kasie Ops dan Siaga KPP Kaltim, beberapa saat setelah menerima informasi tersebut.

TNI dan Kepolisian lakukan pencarian. (foto : Tim SAR)

Hingga kini korban yang belum ditemukan adalah Sohang Bin Ocang (42), beralamat di RT 12, Kampung Muara Ulu Kecil, Kelurahan Muara Kembang, Muara Jawa, Kukar.

Sedangkan 2 orang berhasil selamat dalam kecelakaan tragis tersebut masing-masing Ahmadi Bin Kuntu (37) dan istrinya.

Tim Rescue Kantor SAR Balikpapan kini dilaporkan bergerak menuju ke lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 12 M dan membawa Peralatan Selam.

Sejumlah unsur disebutkan ambil bagian dalam proses pencarian yang dilaporkan dengan cepat ke KPP Kaltim itu, masing-masing Kantor SAR Balikpapan, Pos AL Muara Pegah, Polsek Muara Jawa, Koramil Handil II, dan masayarakat setempat.

Kronologis kejadian sebagaimana dijelaskan Letda Benyamin dari Pos TNI AL Muara Pegah, sekira Pukul 09:00 Wita, korban 3 orang berangkat dari Handil II menggunakan Kapal Domping dengan membawa Air Galon sebanyak 30 buah menuju Kampung Muara Ulu Kecil.

Sekira Pukul 09:30 Wita setiba di Perairan Buy 9 Muara Pegah tiba – tiba kapal yang ditumpangi dihantam ombak akibat cuaca buruk, sehingga mengakibatkan kapal tersebut terbalik dan tenggelam. Korban sempat menyelamatkan diri dengan memegang pelampung berupa Galon kosong dengan peralatan pengamanan yang terbatas. Dalam waktu sekitar 1 jam, salah 1 korban yang tenggelam tidak terlihat lagi disebabkan cuaca buruk dan terbawa arus laut.

Sekira Pukul 09:40 Wita, melintas Perahu Ketinting Nelayan menyelamatkan 2 korban. Sepasang suami istri yang sedang mengapung di laut dan menghampiri langsung mengevakuasi dan dibawa ke Kampung Muara Ulu Kecil. Setibanya di Kampung Muara Ulu Kecil korban yang selamat dan saksi melaporkan kejadian tersebut ke Lurah Muara Kembang, untuk diteruskan Ke Polsek dan Koramil Muara Jawa Handil II.

Sekira pukul 10:00 Wita Sudirman (53) selaku Ketua RT 11 Muara Pegah didampingi Hendra (31) warga Muara Ulu Kecil, Driver Perahu Klotok melaporkan di Posmat TNI – AL Muara Pegah bahwa ada kejadian Laka Laut 3 orang terjatuh di laut, 2 orang berhasil diselamatkan oleh Perahu Ketinting yang lewat, sedangkan 1 orang masih belum ditemukan.

Sekira Pukul 10:20 Wita, anggota Posmat TNI – AL Muara Pegah Sertu TKU Aris Febrianto, Koptu Mes Edu Barasa, PHL Arik dan Ketua RT 11 Muara Pegah bergerak melaksanakan pencarian korban 1 orang yang belum ditemukan di sekitaran Buy 9 Muara Pegah.

Sekira Pukul 13:20 Wita, proses pencarian korban yang belum ditemukan dihentikan dikarenakan kondisi air surut di sekitar Buy 9 Muara Pegah, selanjutnya bergerak menuju Posmat TNI – AL Muara Pegah.

Sekira Pukul 14:45 Wita, rombongan Kapolsek Muara Jawa AKP Anton didampingi Lurah Muara Kembang M Ramli dan Babinsa Koramil Muara Jawa Sertu Tambah, menuju Kampung Muara Ulu Kecil dengan menggunakan Sea Truck milk PHM.

Sekira Pukul 17:20 Wita, rombongan tiba di rumah korban yang selamat selanjutnya meminta keterangan dan kronologis kejadian Laka Laut tersebut. Rombongan melanjutkan pencarian korban yang belum ditemukan di sekitaran Perairan Buy 9 Muara Pegah.

Sekira Pukul 18:20 Wita, kegiatan pencarian sementara dihentikan dan rombongan selanjutnya Ibadah di Masjid Al – Ihklas dan singgah ke rumah Ketua RT 11, Muara Pegah. Selanjutnya rombongan bergerak tolak kembali ke Handil II. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password