9 Nelayan Diselamatkan Tim SAR Gabungan Basarnas

Beberapa nelayan yang berhasil diselamatkan Tim SAR Gabungan memilih naik ke KN 408, sebagian lagi memilih tetap di kapal saat berlayar kembali ke pelabuhan. (foto : Tim SAR)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : 9 orang nelayan berhasil diselamatkan Tim SAR Gabungan Basarnas di perairan Balikpapan, Sabtu (4/1/2020) Pukul 16:15 Wita.

Penyelamatan ini hanya beberapa jam setelah dilaporkan Kapal Nelayan tersebut mengalami mati mesin di tengah laut, perairan Balikpapan saat mencari ikan.

“KN 408 telah menemukan para korban, saat ini sedang proses evakuasi para korban ke KN 408. Semua korban dalam kondisi selamat,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan, Kaltim-Kaltara Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Ops dan Siaga Octavianto dalam pesan singkatnya via WhatsApp.

Sebelumnya, dengan menggunakan KN SAR 408, Tim SAR Basarnas menindak lanjuti laporan anggota Polsek Balikpapan Timur Driko yang diterima pada Pukul 13.32 Wita terkait Kapal Nelayan mati mesin di perairan Balikpapan. Kejadian itu disebutkan terjadi pada Pukul 10:13 Wita.

Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan kemudian berangkat untuk melaksanakan Operasi SAR pada Pukul 14:31 Wita.

Awalnya diinformasikan ada 8 orang nelayan di kapal namun setelah ditemukan ternyata berjumlah 9 orang, masing-masing Ahmad Efendi (50), Hendri (27), Amri (16), Rama (17), Suriansyah (16) Asep (41), Ardiansyah (47), Baharudin (40), dan Syahrani (51).

Sejumlah unsur ambil bagian dalam upaya penyelamatan ini, di antaranya Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, BPBD Balikpapan, Polsek Timur, Info Bencana, Sapma PB Indonesia, Senior, Koti Pemuda Pancasila, Balikpapan Emergency Action, dan masyarakat. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password