Kementerian LHK Bangun Persemaian, Siti : Pembangunan IKN Simultan Pemulihan Lingkungan

Menteri LHK Siti Nurbaya. (foto : Gladis)

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan bahwa, Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Kementerian LHK untuk membangun persemaian modern (kebun bibit) di sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Persemaian itu akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektare, lokasi yang akan dijadikan persemaian modern ini berada di wilayah kawasan hutan produksi (KPH) Mentawir pada areal izin usaha PT Inhutani 1.

Siti nurbaya menjelaskan, pembangunan lokasi IKN baru harus berjalan simultan dengan pemulihan lingkungan, untuk mendukung upaya pemulihan lingkungan tersebut  Kementerian LHK akan membangun persemaian modern yang memiliki kapasitas produksi bibit sebesar 15 juta bibit per tahun.

“Persemaian modern ini meliputi tanaman hutan, seperti tanaman kayu, multi purpose tree species, dan tanaman eksotik. Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik indonesia, yang akan berfungsi sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga,” ujar Siti Nurbaya saat mengunjungi Persemaian Permanen Bukit Merdeka yang berlokasi di Samboja Kutai Kartanegara, Selasa (17/12/2019).

Kementerian LHK telah mengalokasikan anggaran Rp100 Miliar pada 2020 untuk membangun persemaian modern, persemaian modern itu menurut Siti Nurbaya sangat penting, karena menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dalam pemindahan IKN sangat serius dalam pemulihan lingkungan.

“Dalam pembangunan infrastruktur IKN ini harus betul-betul memperhitungkan keberadaan satwa terutama Orangutan dan Bekantan, ini juga akan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dapat membangun IKN dengan memperhatikan keberlangsungan keanekaragaman hayati,” tandasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password