Sambut IKN, Keluarga Pelajar Mahasiswa Berau Gelar Kegiatan Plastik

Hamzah, perwakilan Mahasiswa Berau menyerahkan piagam terima kasih kepada narasumber. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pasca ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) menggantikan DKI Jakarta, sejumlah elemen masyarakat langsung mengambil ancang-ancang untuk mengambil bagian secara langsung.

Sebut saja Bank Bukopin Cabang Samarinda yang memprakarsai diskusi antara pengusaha jasa konstruksi, Asuransi Askrindo, dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Indonesia di Hotel Bumi Senyiur Samarinda beberapa waktu lalu.

Sebagian peserta Pelatihan Jurnalistik (Plastik) besutan Mahasiswa Berau berpose bersama narasumber usai kegiatan. (foto : 1st)

Teranyar, sejumlah Mahasiswa dari Berau tidak mau ketinggalan menyambut kehadiran IKN tersebut. Mereka yang tergabung dalam Keluarga Pelajar Mahasiswa Kabupaten Berau mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik (Plastik) dengan tema Menciptakan Generasi Milenial Yang Terampil Dalam Menulis, Menuju Ibu Kota Negara Baru, di Aula PWI Kaltim, Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan yang digelar 13-14 Desember melibatkan sekitar 40 orang tersebut didukung Bankaltimtara, PWI Kaltim, DPRD Kaltim, Pemkab Berau, dan Pemkot Samarinda menghadirkan narasumber dari media online DETAKKaltim.Com sebagai narasumber.

Pada kesempatan itu, Lukman selaku narasumber menyampaikan materi Dasar-Dasar Teknik Penulisan Berita. Sekitar 2 jam kegiatan pemberian materi berlangsung yang diikuti peserta dengan serius sebelum kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sejumlah pertanyaan muncul dalam sesi tanya jawab. Hamzah, satu di antara peserta menanyakan terkait teknik penulisan berita agar hasilnya bisa bagus.

Narasumber kemudian menjelaskan bahwa untuk menghasilkan penulisan berita yang bagus, seorang Wartawan sudah harus mengetahui apa materi yang akan ditulisnya. Selanjutnya, kembangkan tulisan itu berdasarkan keterangan dari narasumber.

“Mengacu pada konsep piramida terbalik, tempatkan inti sari berita pada lead atau teras pemberitaan dalam sekitar 30 hingga 45 kata. Jika bisa kurang dari 25 kata itu lebih baik,” jelas narasumber.

Pada kesempatan itu, narasumber juga menyampaikan jika ada peserta yang ingin belajar lebih lanjut tentang jurnalistik, DETAKKaltim.Com memberikan kesempatan untuk magang.

Acara diakhiri dengan pemberian piagam dari panitia sebagai tanda terima kasih kepada narasumber sebelum foto bersama. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password