RDP BPJN XII dan PPJN, DPRD Kaltim Minta Jembatan Mahakam Diperbaiki

RDP BPJN XII, PPJN, dan Komisi III DPRD Kaltim. (foto : 1st)
DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com,SAMARINDA : Komisi III kembali lakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait kasus penabrakan Fender Jembatan Mahakam bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan, Satuan Kerja (Satker) Perencanaan dan Pengawas Jalan Nasional (PPJN) Kaltim, Senin (9/12/2019).

RDP yang dipimpin Ketua Komisi III Hasanuddin Mas’ud mempertanyakan tentang pertanggung jawaban atas penabrakan tersebut. Namun selama berlangsungnya rapat, jawaban yang diharap tidak kunjung terdengar. Yang ada hanyalah saling melempar tanggung jawab.

“Kita undang lagi mereka, untuk mempertanyakan siapa yang harus bertanggung jawab, dan sudah sampai dimana progresnya. Ini terlihat dibiarkan,” kata Hasan usai RDP.

Lain halnya yang disampaikan Syafruddin. Ketua Fraksi PKB tersebut mengaku khawatir atas kondisi Jembatan Mahakam saat ini.

Menurutnya, kondisi Jembatan Mahakam yang tertabrak sebanyak 16 kali ini sudah mengalami pergeseran, ini akibat berkurangnya baut pada jembatan.

Syafruddin tegas meminta BPJN XII untuk segera menindaklanjuti dengan melakukan perbaikan Jembatan Mahakam, sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah dan bisa mengakibatkan kerugian besar, baik untuk daerah maupun bahaya bagi masyafakat pengguna jalan yang melewati jembatan tersebut.

“Segera ditutup total, perbaiki dulu. Kalau bisa seminggu ke depan diperbaiki. Atau mungkin waktu segitu tidak cukup untuk memperbaiki jembatan. Waktunya silahkan ditambah. Yang penting diperbaiki,” tegasnya.

Kepala BPJN XII Budiamin menegaskan, Jembatan Mahakam masih layak dilewati. Dan tidak terjadi pergeseran seperti yang ditakutkan beberapa orang.

“Kecuali ada kasus penabrakan yang lebih besar. Itu tidak bisa saya pastikan,” ucap Budiman dalam RDP.

Selain itu, dikatakan, BPJN XII sudah melakukan konsultasi bersama pihak Direktorat Jembatan, terkait kondisi Jembatan Mahakam.

“Tidak begitu rawan untuk segera diperbaiki. Kalau untuk penggantian bautnya, sudah masuk dalam anggaran,” tutur Budiaman. (DK.Com)

Penulis : Nina

Editor   : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password