Waspada Penyakit DBD, Wakil Bupati Kutim Lakukan Fogging

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang berfoto bersama sebelum melakukan fogging bersama beberapa komunitas di Kutim. (foto : RH)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Menyambut musim pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim)  Kasmidi Bulang turun langsung bersama beberapa komunitas menggelar fogging atau penyemprotan dengan insektisida membasmi nyamuk demam berdarah.

“Hari ini dilakukan fogging pada beberapa lokasi yang rawan DBD di Desa Masabang. Antisipasi pencegahan penyebaran DBD juga dilakukan dengan melibatkan masyarakat serta beberapa komunitas yang ikut,” kata Kasmidi, Minggu (1/12/2019)

Pemberantasan penyakit DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat.

Mencegah terjadinya DBD, menurut dia, membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus (menutup wadah penampungan air, mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan menguras atau mengganti air di penampungan air).

“Juga, bisa dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk menggunakan obat nyamuk oles, menggunakan kelambu saat tidur, dan menaburkan bubuk larvasida,” ujar Kasmidi.

Dikatakan Kasmidi, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam penanggulangan kasus demam berdarah, semaksimal mungkin pemerintah akan berupaya melakukan pengendalian penyebaran DBD dengan cara fogging.

“Fogging juga tidak akan efektif jika masyarakat tidak melaksanakan 3M Plus,” katanya.

Kasmidi berharap kedepannya tidak ada lagi korban DBD.

“Berharap dengan antisipasi yang cepat melalui fogging ini, kedepannya tak ada lagi yang terkena penyakit DBD atau demam sendi karena semuanya disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password