LCT Mutiara 77 Tenggelam, Satu Korban Masih Dalam Pencarian

LCT Mutiara 77 tenggelam dalam posisi miring. (foto : KPP)

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kecelakaan tragis menimpa sebuah Kapal landing craft tank (LCT) di Sungai Kedang Kepala di Km 47, Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (30/11/2019) sekitar Pukul 03:00 Wita.

Berdasarkan informasi yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan, Kaltim-Kaltara dari Simon Intel Polsek KP3 Samarinda pada Pukul 11:00 Wita, Kasie Ops dan Siaga Octavianto menjelaskan LCT tersebut berlayar menuju ke PT SAS Desa Senyiur, Kecamatan  Muara Ancalong, Kutai Timur.

“Telah terjadi Laka Kapal yang melibatkan LCT Mutiara 77 yang berlayar dari Kutai Barat menuju Desa Senyiur Kutim, tenggelam tepatnya di Sungai Kedang Kepala di Km 47, Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman,” kata Octavianto, Minggu (1/12/2019) siang.

Sebelumnya, telah beredar informasi dari Polsek Muara Kaman bahwa LCT Mutiara 77 yang bermuatan Excavator merk Komatsu PC 130 sebanyak 6 unit milik PT KJB dan 2 unit Sepeda Motor Honda Revo dari Camp PT KJB Desa Tering, serta membawa 4 orang crew dan 10 karyawan PT KJB dengan juru mudi Afaludin Bin Mustofa (26), dikabarkan berlayar dari Kutai Barat menuju ke wilayah Desa Senyiur, Kutai Timur.

Sesampai di tempat kejadian perkara (TKP), LCT dalam keadaan berlayar dengan kecepatan 3,2 knot alur sungai lurus, namun tiba-tiba miring ke kiri dan juru mudi teriak kapal miring. Teriakan tersebut membuat crew dan karyawan PT KJB yang tidur di dalam deck bangun.

Beberapa saat kemudian LCT tenggelam 90′, dan muatan tumpah ke sungai. Crew serta karyawan PT KJB yang ada di LCT menyelamatkan diri masing masing, namun 2 orang karyawan PT KJB tenggelam. Satu korban bernama Bima Purba (21) diketemukan di sekitar TKP dalam keadaan meninggal dunia, jenazah korban lalu dibawa ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda untuk dilskukan visum, sedangkan korban atas nama Suan hingga berita ini diturunkan belum diketemukan.

Sejumlah saksi dalam kecelakaan ini di antaranya Marselinus Riyom (50), Nadus (46), keduanya merupakan Anak Buah Kapal LCT Mutiara 77, Balut Kamandanu  (19), Helper PT KJB, dan Tri Wahyudi (42) Mekanik PT KJB.  (DK.Com)

Penulis : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password