Pra PON Panjat Tebing, Kaltim Sukses Penuhi Ambisi 5 Medali Emas

Michael Owen, atlet Kaltim Peraih Medali Emas di nomor Combined Pra PON XX/2020 Papua. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, PINRANG : Tim Pra PON Kaltim Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing berhasil memenuhi ambisinya untuk meraih 5 Medali Emas dari 14 nomor yang dipertandingkan pada perlombaan yang digelar di Kampung Cora, Desa Padaelo, Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (19/11/2019).

5 Medali Emas yang diraih tersebut berasal dari Disiplin Lead Tim Putra, Boulder Tim Putra, Speed WR Relay Putra, Boulder Perseorangan Putra, dan Combine.

Selain Medali Emas, dari 14 nomor yang diperlombakan dengan menurunkan 20 orang atlet putra-putri, Kaltim juga merengkuh 6 Medali Perak, dan 4 Medali Perunggu.

Meski berada di bawah Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam perolehan medali yang berhasil meraih 7 Medali Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu, namun Kaltim berhasil mengungguli NTB dalam meloloskan jumlah atlet ke PON. Tercatat Kaltim berhasil merebut porsi untuk 13 orang dari total 30 kuota yang diperebutkan di zona 3, sedangkan NTB hanya berhasil meraih 9 porsi.

Sisa 8 kuota lainnya dibagi sejumlah Pengurus Provinsi (Pengrov) masing-masing Kalimantan Selatan 2, Sulawesi Selatan 2, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah masing-masing berbagi 1 kuota.

5 Pengprov lainnya yang belum berhasil menempatkan atletnya di deretan atlet yang akan bertarung di PON XX/2020 Papua dari zona 3 adalah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara,Sulawesi Barat, dan Maluku.

Pada PON XX/2020 Papua, Cabor Panjat Tebing memiliki alokasi 120 atlet. Dengan pembagian, berasal dari zona 1 sebanyak 30 atlet, zona 2 sejumlah 60 atlet, dan zona 3 sebanyak 30 atlet.

Menurut Sekretaris Umum FPTI Sapto dalam sambutannya sebelum menutup Pra PON di zona 3 ini, hari ini seluruh zona telah merampungkan perlombaan. Perlombaan yang digelar di zona 3 diikuti 147 atlet.

“Hari ini kita telah menyelesaikan tiga zona yang ada,” kata Sapto.

Zona 1 yang digelar pada 1-5 November telah rampung, dan zona 2 yang berlangsung di Surabaya 16-20 November juga telah selasai hari ini.

Dari Pra PON 3 zona tersebut, kata Sapto lebih lanjut, sebanyak 21 Pengprov dari 30 Pengprov di Indonesia dipastikan terwakili di PON XX/2020 Papua. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 3 Pengrov dari PON XIX/2016 Bandung. (DK.Com)

Penulis : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password