Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan

Mahmud Samsul Hadi, Kepala Bidang LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Angka kecelakaan lalu lintas menjadi 1 dari 3 penyebab utama kematian pada kelompok usia produktif di Indonesia, hal tersebut memprihatinkan karena penduduk usia produktif seharusnya menjadi aset untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Hal itu disampaikan Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kalimantan Timur, Mahmud Samsul Hadi saat disambangi di Kantornya, Kamis (14/11/2019).

Ia menjelaskan, saat ini Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) terus melakukan upaya untuk menekan angka kecelakaan dengan menanamkan budaya keselamatan berlalu lintas bagi usia produktif. Program tersebut sudah diselenggarakan sejak 2007, dimana pelajar dilibatkan langsung sebagai duta keselamatan lalu lintas.

“Program pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan itu merupakan program rutin Kementerian, provinsi, maupun tingkat kabupaten/kota,” kata Mahmud.

Pemilihan pelaksanaan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas tersebut tahapannya dimulai dari kabupaten/kota, melalui Dinas Perhubungan dengan melakukan seleksi putra putri sekolah Menengah Atas (SLTA) untuk dipilih dan diseleksi mencari ranking 1 sampai 5.  Hasil pemilihan dari kabupaten/kota akan dikirim ke provinsi, kemudian provinsi akan menyeleksi lagi untuk dikirimkan ke pusat.

“Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas adalah program Kementerian Perhubungan yang melibatkan provinsi dan daerah untuk menyeleksi putra putri terbaik, untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ujar Mahmud kepada DETAKKaltim. Com.

Iapun berharap kepada seluruh siswa di Kalimantan Timur untuk menyiapkan diri mengikuti Duta Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, menurutnya, Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini adalah upaya edukasi untuk menanamkan kesadaran berlalu lintas, terutama untuk generasi muda.

“Kami berharap para pelajar dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan keselamatan lalu lintas, dan angkutan jalan di Kalimantan Timur,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password