Minimalisir Angka Kecelakaan Pelayaran, Dishub Kaltim Bentuk Forum Keselamatan Berlayar

Plt. Kasi Pelayaran I Wayan Prajna St. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur membentuk Forum Keselamatan Berlayar yang melibatkan seluruh stakeholder pelayaran di kabupaten/kota Se Kaltim, Forum ini gabungan dari Dinas Perhubungan Kaltim, kabupaten/kota, KSOP, Distrik Navigasi, Polisi Air, Operator Pelayaran dan juga sejumlah LSM yang terkecimpung di jasa pelayaran

Forum ini dibentuk bertujuan untuk mencarikan solusi terkait dengan masalah pelayaran, dengan harapan meminimalisir angka kecelakaan dalam berlayar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur Salman Lumoindong mengatakan forum ini dibentuk karena ada beberapa kasus kecelakaan yang marak terjadi akhir-akhir ini, seperti kasus kecelakaan di Danau Toba tahun 2018 lalu.

“Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, seperti kecelakaan di Danau Toba, dimana terjadi saling lempar tanggung jawab dan saling menyalahkan. Dengan hadirnya forum ini bisa mengetahui ini kewenangan provinsi, ini kewenangan kabupaten/kota, jadi jelas koordinasi dan penanganannya,” ujarnya kepada DETAKKaltim.Com Senin (4/11/2019).

Sementara itu, PLT Kasi Pelayaran Rakyat Dishub Kaltim I Wayan Prajna St mengatakan, forum ini sebenarnya terbentuk 2018 lalu. Namun baru bisa direalisasikan pada tahun 2019, karena sudah memiliki legitimasi secara hukum seiring dengan dikeluarkannya SK Gubernur Kaltim.

“Harapan kami tentu meminimalisir angka kecelakaan dalam berlayar, yang terpenting bagaimana kami menghindari angka kecelakaan dikarenakan faktor kelalain manusia,” pungkasnya. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password