TMMD Ke-106, Danlanal Banjarmasin Jadi Irup Penutupan TMMD

Kolonel Laut (P) Sandharianto mewakili Kasad menutup TMMD Ke-106 Tahun 2019 di Banjarmasin. (foto : Pendam)

DETAKKaltim.Com, BALANGAN : Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-106 Tahun 2019 di Kodim 1001/Amuntai-Balangan secara  resmi ditutup oleh Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Sandharianto,  melalui Upacara Penutupan TMMD di Lapangan Kecamatan Halong, Kamis (31/10/2019).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD dalam sambutan yang dibacakan oleh Kolonel Laut (P) Sandharianto menyampaikan, TMMD Ke-106 Tahun 2019 merupakan wujud pengabdian TNI kepada rakyat, yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat yang diwujudkan dalam pembangunan fisik dan non fisik.

Upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya TMMD Ke-106 Tahun 2019 yang mana TMMD kali ini TNI bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Agama,  Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Polri, sejumlah LSM, serta unsur Muspida dan Muspika di desa/kelurahan sasaran TMMD. Sebanyak 7.500 prajurit TNI yang tergabung dalam 50 Satgas TMMD disebar di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Kasad mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan dengan semangat gotong royong.

“Mereka berbaur dan bekerja bersama masyarakat dan aparat lainnya, menjalin hubungan yang erat dan menggelorakan kembali semangat gotong royong sebagai budaya luhur yang mempersatukan bangsa,” terang Kasad melalui Kolonel Laut (P) Sandharianto.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggungjawab TMMD mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh unsur terkait terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungan sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar.

“Meski demikian, kami juga menyadari berbagai kekurangan yang perlu kita evaluasi, serta permintaan dan harapan dari banyak Pemda serta masyarakat yang belum dapat kita wadahi seluruhnya. Mudah-mudahan harapan masyarakat dan Pemda tersebut dapat terwujud pada program-program TMMD yang akan datang,” ungkap Kasad. (***/LVL)

Sumber : Pendam VI/Mlw

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password