4 Tahun SDN 08 Long Kebinu Malinau, Masih Numpang Sekolah PAUD

Murid SDN 08 Long Kebinu, Mentarang Hulu, Malinau. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, MALINAU :  Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 di Desa Long Kebinu, Kecamatan Mentarang Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, saat ini kesulitan melaksanakan proses belajar mengajar. penyebabnya adalah karena sekolah tersebut belum memiliki gedung sendiri.

Di daerah terpencil itu, para guru dan muridnya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terpaksa harus menumpang di sebuah rumah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Desa tersebut.

SDN 08 ini sendiri selama 4 tahun terakhir sejak para guru yang jumlahnya 5 orang ini ditempatkan oleh pemerintah  berdasarkan SK penempatannya, diketahui memang belum memiliki gedung sendiri. Muridnyapun 12 orang.

Ironisnya, menurut aktivis Organisasi Forum Kewaspadaan Dini  Masyarakat (FKDM) Provinsi Kaltara, pemerintah daerah terkesan tutup mata. Padahal permasalahan ini sangat perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat, jika ingin meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan berkualitas di dunia  pendidikan.

“Ini adalah sebuah realita yang menjadi keluhan para guru di sana,” kata Philupus, aktivis FKDM Provinsi Kaltara kepada wartawan DETAKKaltim.Com, Rabu (16/10/2019) siang.

Menurut Philipus, dia sangat prihatin mendengar keluhan yang disampaikan masyarakat dan para guru pengajar di desa itu.

Karena itu, Philipus berharap kepada pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau untuk dapat menganggarkan pembangunan gedung sekolah di sana.

“Ini memprihatinkan, ada Sekolah terdaftar sebagai SDN 08 sementara gedungnya tidak pernah ada,” beber Philipus.

Terkait permasalahan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Fureng Elisa Mou yang didatangi wartawan di kantornya tidak berada di tempat.

Kadisdik Fureng, melalui pesan singkat di telpon selulernya mengatakan, sedang berada di acara Pemda pagi ini.

“Nanti saya info balik,” sebutnya.

Namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan diperoleh dari Kadisdik Kabupaten Malinau tersebut. (Selamat Al)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password