Defile Prajurit Meriahkan HUT Ke-74 TNI di Kutim

Upacara HUT TNI di Lapangan Upacara Mako Lanal Sangatta, Kutim. (foto : RH)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI)  tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar upacara gabungan di Lapangan Upacara Mako Lanal Sangatta, Jalan AW Syahranie, Bukit Pelangi, Sabtu (5/10/2019).

Defile 1 peleton pasukan Kodim 0909 Sangatta, 1 peleton pasukan Lanal Sangatta, 1 peleton pasukan Polres Kutim, 1 peleton pelajar, 1 peleton Pramuka dan 1 peleton gabungan Ibu Persit dan Jalasenastri meriahkan hari jadi tentara penjaga kedaulatan bangsa ini. Defile barisan personel TNI tersebut berjalan tegap dan rapi melewati panggung kehormatan.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Palaksa Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Arif Sugiyanto, di tengah lapangan Kapten Inf Imam Nawawi dari Pasiter Kodim 0909 Sangatta bertugas sebagai komandan upacara dan Perwira Upacara oleh Letda Laut (P) Ahmad Syaifudin.

Inspektur upacara juga diberi waktu untuk memeriksa barisan peserta upacara, dan kendaraan militer yang ada.

Pada momentum HUT Ke-74 TNI tahun ini, TNI diminta untuk terus mengingat jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional. Sehubungan hal itu pula, HUT TNI kali ini mengangkat tema “TNI Profesionalisme Kebanggaan Rakyat”.

Inspektur upacara Arif Sugiyanto menyebut TNI dilahirkan dari rahim rakyat, seperti kutipan dari Jenderal Sudirman, bahwa TNI dan rakyat bagaikan air dan ikan. Untuk itu TNI tidak boleh ingkar dengan rakyat, menyakiti hati rakyat.

TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat. Sebagai Negara yang majemuk seluruh rakyat Indonesia harus bangga memiliki TNI. Tentara Nasional juga diharuskan menjadi perekat dan penjaga persatuan di Indonesia. TNI tidak boleh tersekat oleh suku, agama dan ras.

Selanjutnya untuk membangun kekuatan pertahanan yang tangguh, diperlukan pembangunan karakter prajurit pejuang TNI, revolusi mental untuk membangun prajurit yang profensional. Negara akan memastikan kehidupan yang layak bagi para prajurit TNI, dan Presiden meminta kepada seluruh prajurit TNI untuk terus  meningkatkan kemampuan profesionalisme serta kesiap-siagaan.

“Dimanapun TNI berada dan bertugas, memelihara keutuhan dan kekompakan TNI. Pelihara dan jagalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI kuat,” katanya.

Selain peserta di lapangan, upacara HUT TNI kali ini dihadiri pula oleh Kasdim 0909/Sangatta Mayor Inf Jon Young Saragi, Pasi Intel Kodim 0909/Sangatta Kapten Inf Subandi, Danramil 0909-01 Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno, dan Para Perwira Lanal. (RH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password