Raih Suara Terbanyak di Partai Golkar, Abdulloh Kembali Pimpin DPRD Balikpapan

Unsur pimpinan DPRD Balikpapan. (kiri-kanan) Abdulloh, Thohari Azis, Sabaruddin Panrecalle, dan Subari. (foto : Roni S)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna penetapan unsur pimpinan, Jum’at (20/9/2019).

Sidang paripurna dihadiri 44 dari 45 anggota DPRD Kota Balikpapan, yang berarti kuorum, sebagaimana peraturan DPRD Balikpapan Nomor 1 Tahun 2012 tentang tata tertib DPRD Balikpapan.

Rapat paripurna kemudian menetapkan Abdulloh dari Partai Golkar sebagai Ketua DPRD Balikpapan, sedangkan Wakil Ketua 1 dijabat Thohari Azis (PDIP), Wakil Ketua 2 dijabat Sabaruddin Panrecalle (Gerindra), dan Wakil Ketua 3 dijabat oleh Subari (PKS).

Sidang paripurna ini, kata Abdulloh, merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh DPRD Kota Balikpapan dalam membentuk unsur pimpinan definitif.

“Ini merupakan tahapan yang harus kita lakukan untuk melantik unsur pimpinan definitif,” kata Abdulloh

Peresmian dan pengucapan sumpah anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024 telah dilaksanakan, Senin (26/8/2019). Anggota DPRD secara hukum sah memangku jabatan serta wajib menjalankan tugas dan fungsi kedewanan yang tercantum dalam Pasal 372 dan Pasal 373 Undang-Undang (UU) Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) sebagaimana yang telah diubah dengan UU Nomor 2 tahun 2018.

Sebagaimana yang telah diamanatkan untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam Pasal 374 UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MD3, dimana pembentukan fraksi-fraksi sudah dilaksanakan, Kamis (5/9/2019).

Setelah terwadahi dalam fraksi-fraksi dengan jumlah 6 fraksi, kata Abdulloh lebih lanjut, dibentuklah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang terdiri dari Pimpinan Badan Musyawarah (Bamus), Komisi, Badan Legislasi Daerah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, dan alat kelengkapan dewan yang diperlukan guna menjalankan fungsi DPRD .

Unsur pimpinan, Ketua dan Wakil Ketua berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak.  Ketua DPRD berasal dari anggota DPRD dari partai yang memperoleh suara terbanyak di wilayahnya.

Pada Pemilu legislatif lalu, Abdulloh meraih 6.285 suara dari daerah pemilihan 4 Balikpapan Utara. Ia meraih suara terbanyak dari 11 kader Partai Golkar yang berhasil meraih kursi legislatif, merupakan kursi terbanyak dari semua partai peserta Pemilu legislatif di Kota Minyak Balikpapan 2019. (Roni S)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password