Orientasi DPRD Tentang Pancasila, Muchlis : Jangan Lagi Oleng Perahunya

Orientasi anggota DPRD dengan materi Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuagan dari narasumber Prof.Dr.Abdul Rachim yang sudah sepi peserta. Mestinya ada 45 peserta dalam ruangan ini. (foto : LVL)
Drs.Muchlis Syahrani,MBA

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejumlah materi diberikan narasumber pada kegiatan orientasi anggota DPRD Kabupaten/Kota seluruh Kalimantan Timur, yang dilaksanakan sejak 16-19 September 2019 di Hotel Harris Samarinda oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim.

Salah satu materi tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Wawasan Kebangsaan yang dibawakan Muchlis Syahrani dari Widyaiswara BPSDM.

Menurutnya, materi ini sangat penting dan fungsinya untuk mengingatkan kembali kepada anggota DPRD tentang hal itu.

“Kalau boleh saya katakan meneguhkan kembali kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Wawasan Kebangsaan. Sebenarnya kalau anggota dewan pasti sudah tahu karena sejak dulu sudah belajar tentang itu,” jelasnya.

Iapun berharap setelah orientasi ini yang menjadi dasar sesuai peraturan pemerintah, selanjutnya ada pendalaman-pendalaman dari BPSDM Departemen Dalam Negeri.

“Jadi ini memang pembukaannya, sebuah keharusan yang dimulai. Kita berharap ke depannya ini berkelanjutan,” tandasnya.

Selain itu, ia juga berharap tujuan Negara Republik Indonesia bisa tercapai sesuai Pembukaan UUD 1945. Karena itu, ia ingin legislatif, eksekutif dan yudikatif orientasi pijakannnya jelas, idealismenya Pancasila.

“Jadi kita sudah satu perahu, harusnya kita mantapkan dalam satu perahu itu. jangan lagi oleng-oleng perahunya,” tandasnya.

Meski diakui sejumlah anggota DPRD yang mengikuti kegiatan ini bagus dan bermamfaat, namun dari pantaun DETAKKaltim.Com sekitar Pukul 17:04 Wita peserta yang dibagi dalam 2 ruangan rata-rata tidak sampai lagi separuh yang terisi, sejumlah kursi telah kosong ditinggal penghuninya. Padahal sesuai jadwal, materi hari itu berakhir pada pada Pukul 17:30 Wita. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password