Wow! BDD 2019 Samarinda Hibak Peserta, Jaang : Sejarah Baru Bagi Kita

Wali Kota Samarinda H.Syaharie Jaang didampingi Deputi Infrastruktur BEKRAF RI Hari Santosa Sungkari. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tidak kurang dari 500 orang generasi muda Samarinda dan sekitarnya berhimpun sehari dalam ajang BEKRAF Developer Day (BDD) yang digelar di Hotel Harris Samarinda, Sabtu (14/9/2019) pagi.

“BDD merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk membangun SDM yang unggul di bidang TIK dalam rangka membawa Indonesia menjadi Negara diigital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, sesusai dengan visi misi Presiden Jokowi,” kata Deputi Infrastruktur BEKRAF RI Hari Santosa Sungkari.

BDD diharapkan mampu menjembatani para developer lokal khususnya pemuda Samarinda dengan Platform teknologi mutakhir untuk mengembangkan produk digital, khususnya di bidang sub sektor aplikasi game dan web serta Internet of Things (IoT), kata Hari lebih lanjut.

“Diharapkan pula dapat menginspirasi para pengembang aplikasi dan game untuk memicu semangat kemandirian dan kewirausahaan guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi untuk menciptakan ekosistem yang berkualitas bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya di sub sektor aplikasi dan game,” imbuhnya.

Wali Kota Samarinda Haji (H) Syaharie Jaang yang hadir dalam kegiatan ini memberikan motivasi kepada generasi millenial ini, untuk mengembangkan diri berwirausaha dalam bidang produk digital.

“Hari ini merupakan sejarah baru bagi kita, bahwa orang Samarinda juga tidak mau ketinggalan dari kota-kota lain di Indonesia,” kata Jaang.

Sebagai Wali Kota, kata Jaang lebih lanjut, ia sangat mendukung kegiatan ini karena dapat menumbuh kembangkan ekositem ekonomi kreatif Kota Samarinda dan Kaltim pada umumnya dalam sektor aplikasi pengembangan game (permainan).

BDD 2019 Samarinda menghadirkan sederet nama pelaku, praktisi, dan expert di bidang industri kreatif digital di Indonesia antara lain, Habib Abdullah Wahyudi (Ketua Nusantara Free Creatif), Danviero Yuzwan Pratama (Android Develepor –LOKET), Najib Abdillah (External Code Reviewer Dicoding Indonesie), Muhammad Fiqri Muthohar (Android Developer-Qasir.id), Nuredrantoro (CTO-WOWBID) dan sejumlah naman lainnya.

Acara ini diselenggarakan atas kerja sama BEKRAF dan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Google Developer Expert, Intel Innovator, dan lainnya.

Acara ini menjadi berbeda dibandingkan dengan acara sejenis yang pernah dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia, kegembiraan peserta terhenti sejenak manakala pembawa acara menggiring perserta untuk mendengarkan lagu Gugur Bunga dalam rangka mengenang mendiang Presiden Ke-3 RI Prof Dr Ing BJ Habibie yang baru saja wafat beberapa hari lalu.

Keharuan tiba-tiba menyeruak dalam ruangan seketika saat lagu mulai diperdengarkan diiringi pemutaran video pendek Sang Teknokrat. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password