Festival Maratua Jazz dan Dive Fiesta 2019, Gelaran Musik Jazz Tengah Laut

Juhrianysah, Co-Founder Yayasan Berau Lestari saat menggelar jumpa Pers. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, TANJUNG REDEB : Festival Maratua Jazz dan Dive Fiesta 2019 memasuki tahun Keempat dalam gelarannya, kegiatan ini akan dilaksanakan 13-15 September 2019 di Desa Ekowisata Bohesilian, Pulau Maratau, Kepulauan Derawan, Berau Kalimantan Timur.

Event ini disebut sebagai satu-satunya gelaran musik jazz yang digelar di tengah laut dengan menampilkan keindahan surga bahari di sekelilingnya. Acara Maratua Jazz and Dive Fiesta merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Berau, khususnya Pulau Maratua di Kepulauan Derawan.

Beberapa musisi ternama juga ikut memeriahkan acara ini di antaranya Bertha, Harry Toledo, Denny rust dan Echon Project.

Juhrianysah co-founder Yayasan Berau Lestari mengatakan, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya. Tahun ini ada penambahan program baru yakni Sunrise Concert yang digelar seusai shalat Subuh. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan di kampung dengan harapan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Tahun ini kita akan bermain Jazz setelah Subuh sambil menikmati Sunrise, apalagi di Desa tersebut Sunrise cukup bagus,” ujar Juhriansyah saat acara Klinik Musik Meet & Greet di Kedai Kopi Kampus Singkuang, Tanjung Redeb, Kamis (12/9/2019).

Lebih lanjut Juhrianysah mengatakan, jika ingin menyelam sambil nonton musik Jazz, atau nonton Jazz sambil menyelam itu hanya ada di Maratau tidak ada di tempat lain.

“Kalau di tempat lain orang hanya nyelam saja, kalau di sini kita menikmati musik jazz, dan menikmati keindahan alam Maldivesnya Indonesia,” tambahnya.

Selain mengeksploitasi keindahan alam di Maratau, kegiatan ini juga mengusung tema kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik, terutama kantong plastik kresek.

Salah satu musisi Jazz Harry Toledo mengaku cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut, menurutnya ajang ini merupakan momen untuk memperkenalkan Maratua hingga ke manca Negara.

“Maratau pulau terluar yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, saya berharap tahun depan Maratua Jazz ini menjadi Maratua Internasional Jazz Festival,” ujar Harry Taledo kepada DETAKKaltim. Com.

Selain Kegiatan Musik, Maratau Jazz & Dive Fiesta menghadirkan ragam kegiatan lain, seperti Festival Kuliner, Pameran Fotografi keindahan panorama alam dan bawah laut Berau, dan masih banyak kegiatan lain yang melibatkan Masyarakat Pulau Maratau. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password