Perangi Narkoba, Mahasiswa IAIN Samarinda Dirikan Kampung Gempina Saat KKM

Peresmian pendirian Kampung Gempina dihadiri pihak Polres Balikpapan. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sejumlah Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di seluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Balikpapan Timur, mendirikan Gerakan Masyarakat Bersama Perangi Narkoba (Gempina).

Menurut Koordinator Wilayah KKM IAIN Samarinda-Balikpapan Timur Iwan Hadhe Wirawan, tempat kegiatan tersebut diberi nama Kampung Gempina.

“Berangkat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami menayadari moment inilah yang tepat untuk menjalankan program tersebut serhubungan dengan adanya kawan-kawan yang sedang Kuliah Kerja Mahasiswa,” jelas Iwan kepada DETAKKaltim.Com, Senin (19/8/2019).

Iwan menjelaskan, niatnya mendirikan Gempina ini untuk menjadi sebuah percontohan di Kaltim, khususnya Kota Balikpapan. Hal ini karena melihat data terakhir Badan Narkotika Nasional (BNN), Kaltim-tara berada di urutan Ke-3 seluruh Indonesia. Balikpapan sendiri ada di peringkat Ke-2 seluruh Kaltim.

“Tujuan kami ini untuk mencegah peredaran gelap Narkoba dari bawah, bersama masyarakat, aparatur pemerintahan dan semua golongan. Bukan dari satu pihak saja, tapi ini bentuk nyata kalau Balikpapan Timur dan khususnya Kelurahan Teritip menolak peredaran Narkoba secara gelap,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk proses mendirikan Kampung ini pihaknya bekerja sama Polres Balikpapan sebagai partner.

“Secara anggaran hampir semua ditanggung oleh pihak Polres, sedangkan di lapangan kawan-kawan yang dibantu beberapa warga mengerjakan konsep yang telah kami sepakati sebelumnya,” jelasnya lebih lanjut.

Iwan juga menyampaikan, sempat ada rasa frustasi dan kekecewaan saat bertemu perwakilan instansi yang semestinya memberikan dukungan, namun responsnya dinilai pihaknya kurang berkenaan.

“Tapi setelah kami mendengar arahan dari pihak Kapolres, kami bisa menerima alasan-alasan tersebut,” tandasnya.

Ia berharap ke depan menjadi lebih baik, dan Mahasiswa IAIN Samarinda yang tengah melaksanakan KKM sangat berterima kasih kepada Polres Balikpapan. Terutama untuk Satbinmas dan Satresnarkoba beserta jajarannya.

Begitu juga kepada warga RT 32, Kelurahan Teritip yang senantiasa memberikan dukungan baik materil maupun moral, sehingga pihaknya bisa menjalankan program kerja Korwil KKM IAIN Samarinda dengan lancar. (***/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password