Peringatan Detik-Detik Kemerdekaan RI, Isran : Kita Harus Percaya Diri

Pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatah HUT Ke-74 RI di Stadion Madya Sempaja berjalan khidmat dan lancar. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia (RI) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, dilaksanakan dalam sebuah upacara penaikan Bendera Merah Putih di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara Gubernur Kaltim Haji (H) Isran Noor, sedangkan pembacaan teks Proklamasi dikumandangkan Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, disaksikan ribuan pasang mata yang memenuhi tempat tersebut.

Upacara dihadiri sejumlah pejabat teras di Kaltim, di antaranya dari Kejati, Kodam VI/Mlw, Polda Kaltim, BNNP, Pengadilan Tinggi, hingga pejabat Kota Samarinda termasuk Walikota H Syaharie Jaang dan Wakil Walikota Barakati dengan peserta dari berbagai instansi ASN, TNI, Kepolisian, dan Siswa sejumlah SMA di Kota Samarinda.

Tampak pula dalam upacara hari bersejarah tersebut, manta Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama mantan Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjedy, mantan Plt Sekprov Kaltim Meiliana dan sejumlah anggota DPRD Kaltim.

Usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Isran Noor yang dihadang sejumlah Wartawan menjelaskan tema peringatan hari kemerdekaan sebagaimana disampaikan Presiden.

“Insya Allah sesuai dengan tema hari kemerdekaan tahun ini adalah menuju Indonesia unggul, SDM maju, insya Allah kita mulai. Kata Presiden begitu, kita ikuti, kita sesuaikan,” kata Isran.

Terkait persaingan dengan bangsa lain di usianya yang Ke-74, Isran yang didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi saat melayani pertanyaan awak media mengatakan, kita tidak boleh pesimis menghadapi persaingan dari manapun, kita tidak boleh lemah.

“Kita harus percaya diri bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang sama kedudukannya dengan bangsa-bangsa yang lebih maju di dunia. Kita akan kejar kemajuan mereka dengan kekuatan yang kita punya,” tegasnya.

Masih menjawab pertanyaan awak media terkait rencana pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan, yang tidak disebutkan secara specifik Presiden RI Joko Widodo, Isran mengatakan itu bagian dari sebuah strategi.

“Tapi tenang aja, rasa-rasanya Kalimantan Timur,” tandasnya dengan wajah ceria. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password