Sesak Napas, Seorang Jama’ah Haji Asal Kutim Meninggal Dunia

Salah satu koper jama'ah almarhumah Nani Jaji Makure. (foto : Istimewa)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Seorang jama’ah calon haji (JCH) bernama Nani Jaji Makure (80) Warga Dusun Pelabuhan, RT 7, Teluk Pandan, Kutai Timur (Kutim) meninggal dunia. Jama’ah lanjut usia berjenis kelamin wanita itu meninggal lantaran sesak napas.

“Nani wafat di Mina setelah sehari melempar Jamarat Aqobah dan bertahalul,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, Ambo Tang melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/8/2019).

Dijelaskan Ambo Tang, awalnya Nani masih dalam kondisi sehat. Lalu setelah melakukan aktivitas  seperti biasanya bersama jama’ah lainnya kondisi JCH itu masih sempat sarapan, namun tiba-tiba mulai mengalami sakit, lantaran kelelahan dan mengalami sesak nafas.

Ia mengatakan sebelum meninggal almarhum sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Makkah, karena sesak nafas.

“Informasi yang kami terima, sebelum ke Arafah, almarhumah juga sudah masuk rumah sakit, waktu di Makkah. Ia sering sesak nafas,” kata Ambo Tang lebih lanjut.

Nani tergabung dalam kloter 5 Balikpapan, ia meninggal dunia pada hari Senin (12/8/2019) Pukul 19:30 Wita kemarin atau Pukul 14:30 waktu Arab Saudi.

Sebelum meninggal, Nani sempat dilarikan ke Rumah Sakit King Faisal Makkah untuk dilakukan perawatan intensif.

“Mengetahui jama’ah itu mengalami sakit lalu Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI)  langsung melakukan tindakan medis. Dalam hal penindakan yang dilakukan oleh TKHI sudah sesuai prosedur pada umumnya, kemudian berkoordinasi dengan Tim Gerak Cepat (TGC) sektor untuk segera dibawa ke rumah sakit. Saat di rumah sakit itulah kondisi jama’ah sudah drop dan meninggal,” tandasnya. (RH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password