Ponton Bermuatan Batubara Kandas di Sungai Mahakam

Kondisi Ponton saat dipantau di lapangan dalam kondisi miring. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebuah Ponton yang membawa 75 Metrik Ton Batubara kandas di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur.

Diketahui Ponton PT Pelita Batulicin Bersujud itu membawa Batubara dari Desa Separi, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan kandas sejak Jum’at 9 Agustus lalu.

Andang salah satu Nahkoda Kapal mengatakan, diduga ponton yang ia bawa tersebut terkena kayu sehingga mengalami bocor.

“Awalnya aman-aman aja, selama perjalanan nggak ada terasa. Kemungkinan bocor karena di pinggir-pinggir itu banyak kayu, untuk pemindahan batubara saya menunggu perintah dari bos,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (13/8/2019).

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, Ponton pembawa Batubara tersebut dalam kondisi miring, dan muatannya nyaris tumpah ke sungai.

Petugas Kepolisian Kawasan Pelabuhan yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Wahid memeriksa langsung kondisi ponton tersebut, menurutnya berdasarkan pantauannya belum ada Batubara yang jatuh ke sungai.

Hingga kini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut, dengan memeriksa sejumlah saksi-saksi untuk mengetahui penyebab bocornya Ponton tersebut.

“Kami mendatangi TKP kemudian melihat kondisi lapangan dan kondisi Tongkang miring, dan belum ada Batubara yang tumpah ke sungai, dan terkait dengan itu masih kita lakukan penyelidikan,” ujar Ipda Wahid Kanit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan kepada DETAKKaltim.Com. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password