Masjid Annor Penuh Jama’ah Shalat Idul Adha, Panitia Sembelih 8 Ekor Sapi Qurban

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan secara bergotong royong warga di lingkungan Masjid Annor. (foto : LVL)
Khatib Dr.KH.Mahruz. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Diperkirakan lebih seribu warga yang bermukim di sekitar Masjid Annor, Kelurahan Pelita, Samarinda, melaksanakan Shalat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019).

Dalam ceramahnya, khatib KH Mahruz menyampaikan semoga Allah Swt senantiasa menaqdirkan hamba-hambanya untuk mampu dan mau meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepadaNya.

“Diwaktu yang mulia ini, mari kita istirahatkan sejenak pikiran-pikiran duniawi kita. Kita ganti dengan pikiran ukhrawi sebagai ikhtiar dan upaya untuk memperbaiki kualitaas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Azza Wa Jallah,” kata KH Mahruz.

Selanjutnya ia menyitir Surat Al Kautsar, yang kemudian dijelaskan maknanya sebagai Telaga Al Kautsar dan makna lainnya sebagai nikmat yang sangat banyak. Menurutnya, Allah telah melimpahkan nikmatnya yang sangat banyak dan tak terhingga. Selanjutnya, Allah memerintahkan kita untuk mendirikan Shalat.

“Dirikan Shalat karena mengharap ridho Allah Swt,” jelasnya.

Berkaitan dengan hari raya Idul Qurban dengan ayat tersebut, KH Mahruz menyampaikan bahwa dalam konteks ini yang dimaksud adalah qurban binatang ternak sebagaimana yang telah ditentukan dalam kajian hukum Islam.

“Namun bagi yang belum mampu melaksanakan karena keterbatasan aspek finansial dan perekonomian maka qurban diartikan mengorbankan hawa nafsu yang selama ini bercokol dalam dirinya. Nafsu-nafsu binatang yang senantiasa melekat dalam jiwa manusia, antara lain keserakahan, pingin merampas haknya orang lain, cenderung untuk mengambil harta tanpa perduli apakah halal atau haram,” jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya, panitia perayaan hari raya Idul Qurban Masjid Annor menyampaikan pada tahun ini terkumpul 6 ekor Kambing dan 8 ekor Sapi qurban dari warga.

“Satu ekor Sapi merupakan sumbangan dari Wakil Gubernur Kaltim,” ungkap Haji Asmawi, Ketua Pantia dalam laporannya sebelum shalat Idul Adha dilaksanakan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password