BREAKING NEWS! Awak Kapal KM Aviat Selamat, Tenggelam Saat Bawa Garam dari Bima

Para ABK KM Aviat Samudera dengan Nakhoda KM Restu Alam I A yang menyelamatkannya. (foto : Tim SAR)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : 11 orang awak Kapal KM Aviat Samudera yang tenggelam di Perairan Timur Laut Sakala, bagian Utara Lombok dengan muatan Garam sebanyak 220 ton dan Bawang Merah 85 ton dipastikan selamat.

Menurut Akdin Adin, Nahkoda kapal tersebut, kejadian bermula saat kapal yang berangkat dari Bima tujuan Banjarmasin pada hari Kamis (1/8/2019) mengalami patah As Kemudi yang menyebabkan air masuk melalui Palka sehingga kapal tidak bisa dikendalikan, Jum’at (2/8/2019) sekitar Pukul 09:00 Wita. Kapal tenggelam sekitar Pukul 12:00 Wita.

“Waktu kejadian itu patah As Kemudi, jadi tidak berfungsi sehingga air masuk lewat Palka. ABK sudah berusaha semaksimal mungkin tapi tidak bisa lagi tertolong,” jelas Akdin saat tiba di Manggar, Balikpapan, Senin (5/8/2019).

Para korban diselamatkan oleh Nelayan KM Restu Alam I A yang sedang melintas dengan tujuan Manggar Balikpapan dengan Nahkoda Kapten Bahar.  Mereka kemudian dibawa ke Manggar setelah sempat naik rakit penyelamat. Lokasi tempat kejadian 3 hari 3 malam dari Manggar.

Para awak kapal tersebut masing-masing :

  1. Akdin Adin (Nahkoda Kapal)
  2. Ramlin (KKM)
  3. Jamaludin (Mualim)
  4. Aflan Darahi (Masinis)
  5. Firdaus (Juru Mudi)
  6. Dadi Darmawan (Juru Mudi)
  7. Rustam (Juru Mudi)
  8. Adi Syahputra Juru BBM)
  9. Ahmad Ali (Juru BBM)
  10. Bagus Susmito (Juru BBM)
  11. Sudirman (Juru Koki)

Penyelamatan awak kapal ini dibenarkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan, Kaltim-Kaltara, Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Ops dan Siaga Octavianto, yang merima informasi dari Ibrahim, Kodim Penajam.

“Korban kini dibawa ke Puskesmas untuk cek kesehatan,” kata Octavianto. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password