Mantan Kepala KSOP Samarinda Dapat Gelar Kirip Paren Lung

R Totok Mukarto bersama istri dan anak mendapat gelar kehormatan. (foto : Gladis)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Otoritas (KSOP) Kelas II Gresik R Totok Mukarto memperoleh gelar kehormatan dari masyarakat Dayak Kenyah, Kalimantan Timur.

Totok yang sebelumnya memimpin KSOP Samarinda itu diberi nama Kirip Paren Lung yang artinya seorang Penguasa Muara yang dihormati. Selain Totok sang istri Ratna Sari Dewi dan putrinya RR Catherine Putri Zafira juga mendapatkan gelar kehormatan. Istrinya mendapat nama Idang Mening atau Cahaya Bersih dan sang putri diberi nama Ulau Tau atau Sinar Matahari.

Pemberian gelar kehormatan tersebut berlangsung di Desa Wisata Pampang Kota Samarinda. Prosesi pemberian gelar kehormatan itu ditandai dengan pemasangan Pakaian Adat berupa Baju, Topi, dan Mandau, Sabtu (3/8/2019).

Ketua Adat Dayak Kenyah Esrom Palan mengatakan gelar kehormatan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas jasanya saat menjabat sebagai kepala Kantor KSOP Samarinda.

Menurut Esrom, kepemimpinan Totok di KSOP Samarinda berhasil menciptakan ketertiban serta memberikan pelayanan publik yang cepat dan transparan, sehingga mampu memberikan pendapatan yang positif bagi perekonomian warga Samarinda.

“Kami benar-benar merasakan saat Pak Totok memimpin KSOP Samarinda, dia memberikan pelayanan yang baik dan transparan, kami berharap para pejabat publik khususnya yang menggantikan Pak Totok dapat meniru kinerjanya dalam melayani masyarakat,” ujar Esrom Palan.

Lebih lanjut Ketua Adat Dayak Kenyah tersebut mengatakan, pihaknya merasa kehilangan sosok pemimpin yang selama ini bisa mengayomi warganya khususnya yang bermukim di sepanjang Sungai Mahakam hingga di Muara.

“Selama ia memimpin, masyarakat kami yang umumnya Nelayan tidak terganggu lagi dengan aktifitas ilegal di sepanjang Sungai Mahakam. Kami memberikan dia nama Kirip Paren Lung karena kami tahu dia penguasa di Muara, penguasa yang benar-benar melayani,” jelasnya lebih lanjut.

R Totok Mukarto menyampaikan terima kasih atas sambutan dan gelar kehormatan yang diberikan oleh masyarakat Adat Dayak Kenyah. Menurutnya, dengan gelar kehormatan tersebut akan menjadi motivasi bagi dirinya dalam mengabdi untuk masyarakat.

“Pastinya sebagai abdi negara kami berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, apa yang kami lakukan saat menjabat sebagai Kepala KSOP Samarinda semata-mata menjalankan tugas sebagai upaya revolusi mental untuk menciptakan birokrasi yang efektif, efisien dan transparan dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam pelayaran,” jelasnya menandaskan. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password