KPU Kota Balikpapan Tetapkan Calon Anggota DPRD Terpilih

Ketua KPU Kota Balikpapan (Berkopiah) dalam rapa pleno tebuka. (foto : Roni S)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar rapat pleno terbuka dalam penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2019-2024 dalam pemilihan umum tahun 2019, Senin (22/7/2019) pagi.

Rapat pleno terbuka ini diselenggarakan di ruang Lamin Ballroom di Hotel Benakutai, yang dihadiri berbagai instansi. Baik dari partai politik yang terpilih, Bawaslu, Kesbangpol, DPRD , Disdukcapil, Kecamatan, Kelurahan, TNI, dan Kepolisian.

“Setelah melewati penantian yang panjang, penetapan peroleh kursi partai politik beserta calon terpilih hari ini dapat dilaksanakan,” kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan di seluruh Indonesia KPU Provinsi dan KabupatenKota melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan calon, penetapan kursi, dan calon terpilih bagi KPU Kabupaten/Kota yang tidak ada gugatannya.

“Namun yang sedang digugat oleh peserta pemilih menunggu keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) 3 hari. Apakah nanti putusan itu ditindak lanjuti dengan PSU atau langsung putusan ditolak,” jelas Noor Thoha lebih lanjut.

Penetapan ini adalah rangkaian terakhir dalam tahapan Pemilu, Pemilu legislatif 2019, masih kata Noor Thoha,  oleh karenanya setelah ditetapkan KPU melakukan usulan kepada Gubernur lewat Bupati atau Walikota maka berakhirlah semua rangkaian tahapan Pemilu.

“KPU mengucapkan selamat kepada yang sudah ditetapkan, dan diharapkan tetap rendah hati karena Pemilu tahun ini adalah Pemilu yang paling mahal se-dunia,” kata Noor Thoha.

Ditambahkannya, dengan bahasa candaan Noor Thoha, bahwa DPRD, Walikota, Bupati, Presiden, Gubernur adalah produk dari KPU. Jadi jika KPU mengajukan anggaran jangan ditunda-tunda mohon segera disetujui oleh DPRD.

“Namun satu hal yang paling penting, KPU bukan hanya saja melahirkan peserta Pemilu yang berintegritas. Tapi harus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Dengan melewati serangkaian acara ini, KPU Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung penuh jalannya Pemilu, sehingga berjalan dengan baik dan aman. (Roni S)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password