Jelang Pilkada 2020, KPU Balikpapan Gelar Bimtek Bagi Siswa SMA/SMK

Peserta Bimtek Duta Pemilu serius mendengarkan materi dari narasumber. (foto : Roni S)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Duta Pemilu, tingkat pelajar SMA/SMK se-Kota Balikpapan di Hotel Menara Bahterah, Sabtu (13/7/2019).

Peserta Bimtek Duta Pemilu KPU Balikpapan terdiri dari pelajar tingkat SMA/SMK seluruh Balikpapan, baik dari sekolah negeri maupun swasta. Dalam Bimtek ini, KPU memberikan pencerahan dan wawasan bagi pemilih pemula, mengenai Pemilu, Undang-Undang dan keilmuan berkaitan Pemilu lainnya.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha tampil sebagai pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan, pentingnya pengetahuan tentang Pemilu agar pemilih pemula dalam Pilkada 2020 dapat memberikan hak suaranya.

“Apa yang dimaksud dengan Pemilu?” tanya Noor Thoha kepada peserta Bimtek.

Secara spontanpun, penuh percaya diri dari seorang peserta Bimtek menjawab.

“Diharapkan dari peserta ini nantinya akan mensosialisasikan kepada pelajar lainnya. Agar dapat tersampaikan dengan baik,” jelas Noor Thoha kepada DETAKKaltim.Com di sela-sela kegiatan.

Komisioner KPU Ridwansyah Heman juga menyampaikan, penting bagi pemilih pemula mengetahui proses Pemilu sebagai proses demokrasi dalam sebuah negara.

Bimtek Duta Pemilu yang berlangsung secara dialogis ini dapat mencairkan suasana peserta Bimtek, dalam mendapatkan pengetahuan berkaitan Pemilu.

Diharapkan perwakilan pelajar ini dapat memberikan pencerahan bagi pelajar lainnya yang tidak bisa hadir, agar pemilih pemula dalam Pilkada 2020 nantinya dalam menyalurkan hak suaranya berjalan lancar. (Roni S)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password