Diikuti 50 Peserta, Deputi BPIK Kemenpar Buka Sertifikasi Kompetensi Spa  

Peserta Sertifikasi Kompetensi Spa bersama Deputi Bidang BPIK Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan (BPIK) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ni Wayan Giri Adnyani membuka kegiatan sertifikasi kompetensi Spa, Lembaga Sertifikasi Profesi Spa Nasional di TUK Amira Spa Samarinda, Jum’at (12/7/2019).

Dalam sambutannya, Ni Wayan Giri mengatakan, uji kompetensi ini merupakan salah satu cara untuk menjaga diri dan industri pariwisata Indonesia. Mengingat Spa Indonesia bukan hanya terkenal di Asean namun juga sampai Eropa, seperti di Bulgaria.

Kepada DETAKKaltim.Com usai membuka kegiatan tersebut, ia mengatakan uji kompetensi ini sangat penting karena bagian dari pada sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata. Jika dikaitkan dengan program nasional sebagaimana yang dicanangakan Presiden RI, yaitu fokusnya pada SDM vokasi.

“Salah satunya SDM terapis ini adalah SDM vokasi. Di samping itu, kesiapan SDM ini juga untuk peningkatan daya saing mereka. Baik di nasional, juga berdaya saing di tingkat internasional ” jelasnya.

Terkait uji kompetensi ini di Kementerian Pariwisata secara nasional, ia menjelaskan bahwa agenda besarnya adalah peningkatan SDM vokasi yang di dalamnya ada 3 hal yang dikembangkan. Yaitu pengembangan ASK (attitude = sikap), skill =keterampailan, dan knowledge = pengetahuan).

Ni Wayan Giri berharap industri Spa di Indonesia harus bisa berdaya saing lebih tinggi lagi di tingkat global, tidak hanya untuk di daerah.

“Untuk bisa berdaya saing di tingkat global, standarnya juga harus global. Standar kompetensi kita bukan yang tingkatnya nasional, karena sudah diuji di tingkat Asia Tenggara bahkan di APEC,” tandasnya.

Ketua panitia kegiatan sertifikasi kompetensi Spa Tenri Duppawati mengatakan, LSP Spa Nasional adalah pelaksana uji kompetensi Spa ini. Pesertanya berasal dari Samarinda, Tenggarong, dan Bontang dengan jumlah 50 peserta. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya tahun ini, pada saat uji kompetensi pertama di bulan April lalu jumlahnya ada 100 peserta.

“Harapannya nanti seluruh SDM di bidang pariwisata, khususnya di bidang Spa bisa bersertifikasi semua dengan baik,” harapnya.

Hadir dalam pembukaan sertifikasi kompetensi Spa ini di antaranya Asdep PSDM-Hal Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya, Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani, Ketua LSP Spa Nasional Teguh Susanto, Ketua DPD ASPI Kaltim Aida Mediana, Ketua TUK Noer Hayati, dan sejumlah tamu dan undangan lainnya. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password