Sulit Dapat Solar, Sopir Truk Unjuk Rasa Tuntut Polisi Berantas Mafia BBM

Ratusan sopir truk unjuk rasa gara-gara kesulitan dapat bahan bakar minyak (BBM) Solar. (foto : Gladis)

Berharap Revolusi Mental Sampai ke Daerah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Maraknya aksi pengetap Solar yang terjadi di sejumlah SPBU di Samarinda Kalimantan Timur membuat sopir truk geram, ratusan sopir truk kemudian menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolresta Samarinda, Kamis (11/7/2019).

Dalam aksi yang berlangsung damai tersebut, para sopir meminta pihak Kepolisian untuk menindak tegas para mafia Solar yang menyebabkan terjadinnya kelangkaan Solar di Samarinda.

Tidak hanya melakukan orasi dan memajang spanduk, namun para sopir ini juga membawa truknya masing-masing untuk diparkir di Jalan Slamet Riyadi, sekitar Polresta Samarinda.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap aparat Kepolisian yang dianggap melakukan pembiaran terhadap mafia-mafia yang melakukan pengetapan Solar, hingga menyebabkan terjadinya kelangkaan Solar di sejumlah SPBU di Samarinda.

Para sopir ini mengaku kesulitan mendapatkan Solar, karena selain membutuhkan antrian berjam-jam mereka juga kesulitan mendapatkan Solar tersebut dikarenakan stok Solar cepat habis.

“Sudah antri berjam-jam, tapi Solarnya keburu habis. Biasanya banyak pengetap, mereka itu punya gudang untuk menyimpannya, kemudian nanti mereka jual ke perusahaan tambang,” ujar Untung, salah satu sopir yang ikut dalam aksi.

Aksi pengetapan Solar ini menurut Untung sudah berlangsung lama, para pengetap tersebut menggunakan mobil dengan tangki yang sudah dimodifikasi.

“Sudah pernah dilaporkan ke Polisi, tapi tidak digubris. Aparat terkesan melakukan pembiaran,” tambahnya.

Humas aksi Edi Susanto mengatakan, aksi ini untuk mendukung petugas Kepolisian dalam memberantas mafia Solar di Kaltim. Pasalnya selama ini sopir truk mengeluh karena tidak mendapatkan Solar.

“Aksi ini menuntut petugas Kepolisian untuk memberantas mafia Solar, itu intinya. Kami berharap revolusi mental yang digaungkan Jokowi bisa sampai ke daerah-daerah,” jelasnya.

Menanggapi aksi tersebut, Polresta Samarinda melalui Kasubag Humas Ipda Danovan mengatakan, akan menindak tegas para mafia Solar seperti yang disampaikan para sopir.

“Jika benar adanya, seperti yang disampaikan para sopir itu maka Polres Samarinda akan melakukan penindakan. Dan Polresta Samarinda akan membetuk tim yang dipimpin oleh Kasat Reskrim yang akan melakukan penyelidikan,” ujarnya. (Gladis)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password