FIDN Berharap Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Juihardi : Kami Mendukung

Juihardi (tengah) saat Konfrensi Pers. (foto : Rahman)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wacana perpindahan ibu kota Negara ke Kalimantan usai kedatangan Presiden Jokowi ke Kaltim beberapa waktu lalu, ditanggapi positif Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Kaltim. Pihaknya mendukung penuh wancana tersebut agar segera direalisasikan oleh pemerintah pusat. Dan berharap Kaltim menjadi ibu kota Negera Republik Indonesia yang dipilih pemerintah pusat.

“Kami mendukung perpindahan ibu kota Negera ke Kalimantan terlebih ketika pindah ke Kaltim. Dan bisa direalisasikan dalam waktu dekat, karena posisi ibu kota Negara saat ini sudah padat penduduk dan perlu ada perubahan,” kata Ketua FIDN Kaltim Juihardi saat konferensi Pers di salah satu warung makan di Alaya Samarinda, Kamis (11/7/2019) malam.

Lanjut Juihardi, di Kalimantan manapun yang menjadi ibu kota Negera pihaknya mendukung. Namun harapan ke Kaltim karena melihat posisi atau letak Kaltim yang strategis secara geografis.

“Kaltim ini sangat luas daerahnya, bahkan berkali lipat Pulau Jawa. Dan di sisi lain masyarakat heterogen hidup bergandengan tangan dengan damai, jauh dari konflik yang kemungkinan terjadi,” jelasnya.

Juihardi menambahkan, mengenai bencana alam seperti longsor, gempa bumi dan tsunami pun dimungkinkan tidak terjadi di bumi Kaltim. Bahkan nantinya ketika ibu kota Negera diposisikan  di Kaltim, bakal mempercepat pembangunan yang ada di bumi Kaltim, termasuk infrastruktur yang ada.

“Di luar sana (DKI Jakarta) jalan bahkan sudah ada yang bertingkat-tingkat, nah di sini masih banyak yang bergelombang dan jauh dari jalan yang layak. Bahkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomipun bisa meningkat,” ungkapnya.

Meski demikian, ia tetap menekankan adanya kajian akademik terkait rencana perpindahan ibu kota Negara.

“Terpenting ketika ibu kota Negara akan pindah ada kajian-kajian secara akademik. Baik kajian ekonominya, maupun kajian lainya yang bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (Rahman)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password