Bahas Parkir, DPRD Balikpapan Dengarkan Kajian Akademik UGM Dalam FGD

Muhamad Santoso, Try Ardianto, dan Muchlis narasumber dalam FGD besutan DPRD Balikpapan. (foto : Roni S)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pemaparan hasil penyusunan kajian akademik, tentang pengembangan parkir roda 4 ke atas di Km 5,5 Balikpapan, Kamis (27/6/2019).

Kegiatan yang digelar di Hotel Novotel Balikpapan tersebut merupakan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam diskusi ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gadjah Mada Muhamad Santoso, Try Ardianto, dan Muchlis dipandu moderator Andi Arif yang dihadiri beberapa instansi seperti Dishub, Kepolisian, TNI AD, AL, serta asosiasi di Balikpapan.

Dalam FGD terungkap bahwa perkembangan Kota Balikpapan semakin pesat, dapat dilihat dari pertumbuhan bongkar muat barang Peti Kemas dari Pelabuhan ke kendaraan pengangkut barang/Peti Kemas, yang berdampak pada kepadatan lalu lintas kendaraan dalam kota yang dilalui. Hal ini dikarenakan tidak langsungnya masuk ke terminal parkir atau sebaliknya selesai dari terminal parkir langsung parkir di tepi jalan.

Minimnya area lokasi parkir khususnya roda 4 ke atas, diambil contoh seperti di Km 5,5 kurang tersedia area parkir, sehingga mengganggu kenyamanan kelancaran dalam berkendaraan. Hal ini menyebabkan kawasan tersebut menjadi kurang tertata, akibat tumbuhnya layanan di sepanjang jalan “parking on street” kendaraan roda 4 ke atas.

Peserta FGD mengapresiasi kegiatan ini yang dinilai sangat tepat topiknya untuk dikaji, dilihat dari berbagai aspek. baik tata ruang, aspek manajemen transportasi maupun infrastruktur.

“Pemerintah, Dewan (DPRD), Dinas perhubungan yang terkait, sangat memperhatikan dan tidak tinggal diam. Mereka semua sudah berbuat untuk mencarikan solusi di tanjakan Tengkorak Km 5,5 simpang arah Kariangau,” kata Kasatlantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto.

Ia menilai DPRD dan Pemerintah melalui Dinas Perhubungan sudah sangat memperhatikan keselamatan di wilayah Balikpapan, salah satunya jalan yang sangat rawan dan sering terjadinya kecelakaan di Km 5,5.

Kasatlantas sangat mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak henti-hentinya memperhatikan keselamatan dalam berkendaraan. Iapun berharap semoga pengembangan parkir roda 4 ke atas di Km 5,5 Balikpapan cepat terealisasi.

“Semakin cepat semakin bagus,” tegasnya. (Roni S) 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password