Puslatbang KDOD Grelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII

Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto (tengah), Kepala LAN Samarinda Dr. Mariman Darto (kiri), dan Gubernur Kaltim Dr. Isran Noor bersama 2 orang perserta usai penyematan tanda peserta PKN. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Adi Suryanto meresmikan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II (PKN Tk II) Angkatan XII Tahun 2019 di ruang Auditorium Puslatbang KDOD, Senin (24/6/2019).

“Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2019 diikuti oleh peserta dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota serta Kementerian diselenggarakan oleh Puslatbang KDOD, nantinya akan mencetak para pemimpin yang berkinerja dan memberikan solusi cerdas melalui inovasi untuk menghadirkan birokrasi kelas dunia yang mengikuti trend citizen,” kata Adi dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan yang dihadiri Gubernur Kaltim Haji Isran Noor.

Adi Suryanto juga menegaskan bahwa PKN Tk II dengan kompetensi pada strategik kebijakan, diharapkan para peserta dapat memenuhi harapan masyarakat dalam pelayanan kepada publik, sehingga akan tercermin birokrasi yang efektif dan efisien untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

Puslatbang KDOD menyelenggarakan PKN Tk II Angkatan XII Tahun 2019 sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017, tentang manajemen PNS serta Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

Pelaksanaan PKN Tk II Angkatan XII bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepeminpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di intansi masing-masing.

Pelaksanaan PKN Tk II Angkatan XII Tahun 2019 diikuti oleh 60 orang yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Samarinda, Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Pemerintah Kabupaten Melawi, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung.

Peserta PKN Tk II Angkatan XII Tahun 2019 akan mengikuti pelatihan dari tanggal 24 Juni sampai dengan 16 Oktober 2019 dengan 5 agenda, yaitu agenda mengelola diri, kepemimpinan strategis, manajemen strategis, aktualisasi kepemimpinan dan Seminar Hasil Aktualisasi Kepemimpinan.

Pesertapun akan mengikuti Visitasi Kepemimpinan Nasional ke beberapa daerah, dengan mengusung tema “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal”. Tak hanya mempelajari pengembangan wisata lokal, selama visitasi Peserta PKN Tk II Angkatan XII Tahun 2019 juga mempelajari tentang pengembangan UMKM.

Dengan demikian, diharapkan Peserta PKN Tk II Angkatan XII Tahun 2019 dapat menjadi pemimpin yang adaktif, pemimpin yang kewirausahaan sehingga mampu mencetuskan terobosan yang inovatif sehingga mencapai outcome organisasi sesuai visi dan misi yang telah diusung. (***/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password