Kaltim Miliki 253 Wartawan Bersertifikat UKW, 160 Merupakan Anggota PWI

Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya (pinggir kanan) saat menyerahkan Sertifikat UKW pada acara Silaturrahmi dan Buka Puasa Bersama Humas Pemprov Kaltim. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Jumlah anggota PWI Kaltim saat ini tercatat sebanyak 382 orang yang terdiri dari anggota luar biasa sebanyak 6 orang, anggota Biasa sebanyak 214 orang dan anggota muda sebanyak 162 orang.

Demikian disampaikan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi melalui Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya, pada acara silaturrahmi dan buka puasa bersama Humas Pemprov Kaltim dengan Jurnalis Kaltim di Hotel Diamon Samarinda, Jum’at (31/5/2019).

PWI Kaltim, kata Wiwid, sejak tahun 2011 telah menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebanyak XIV angkatan. UKW tersebut dilaksanakan di Samarinda sebanyak 7 angkatan, Balikpapan 2 angkatan, Kutai Kartanegara  2 angkatan, Bontang 1 angkatan, Berau 1 angkatan, dan Kutim 1 angkatan.

PWI Kaltim melaksanakan UKW pada tahun 2011 sebanyak 1 kali, tahun 2012 sebanyak 2 kali, tahun 2013 sebanyak 2 kali, tahun 2014 sebanyak 1 kali, tahun 2015 sebanyak 1 kali, tahun 2016 sebanyak 2 kali, tahun 2017 sebanyak 4 kali dan pada tahun 2018 1 kali.

“Kendala yang dihadapi PWI untuk menggelar UKW ini adalah dari sisi biaya. Jika mengikuti UKW secara mandiri, setiap peserta memerlukan biaya Rp3 sampai Rp3,5 Juta. Namun dalam hal ini PWI berusaha mendapat dukungan sponsor sehingga peserta UKW mendapat subsidi,” jelas Wiwid.

Hingga saaat ini, kata Wiwid lebih lanjut, sebanyak 253 telah dinyatakan kompeten melalui UKW yang dilaksanakan oleh PWI Kaltim. Sementara jumlah anggota PWI yang telah memiliki kompetensi  wartawan berjumlah 160 orang terdiri dari  62 orang kompetensi Wartawan Muda, 67 orang kompetensi Wartawan Madya dan 31 kompetensi Wartawan Utama.

“Ada perbedaan jumlah peserta yang telah kompeten dengan jumlah anggota PWI yang kompeten. Hal ini dikarenakan tidak semua peserta UKW merupakan anggota PWI. Ada beberapa yang menjadi anggota organisasi wartawan lain. Keanggotaan PWI bersifat sukarela dari wartawan yang bersangkutan,” kata Wiwid menandaskan.

Berita Terkait : Humas Pemprov Kaltim Undang Jurnalis Buka Puasa, Riawati : Saya Berterima Kasih

Di Kalimantan Timur saat ini telah terbentuk sebanyak 6 PWI Kabupaten/Kota yaitu, PWI Kota Balikpapan, PWI Kota Bontang, PWI Kabupaten Paser, PWI Kabupaten Berau, PWI Kabupaten Kutai Kartanegara dan PWI Kabupaten Kutai Timur. Khusus di Ibukota Provinsi sesuai PD/PRT PWI tidak memiliki PWI Perwakilan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password