Disambut Antusias, Lomba Beduk Sahur Perebutkan Piala Bergilir dan Uang Tunai

Salah satu peserta lomba Beduk Sahur. (foto : HR)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Masjid Al Mujibah yang berlokasi di Jalan Gerliya Samarinda, tidak jauh dari Gang Sepakat kembali mengadakan lomba Beduk Sahur, Kamis (23/5/2019).

Lomba Beduk Sahur yang diselenggarakan setiap tahun tersebut memang sangat ditunggu warga, pesertanyapun bukan hanya dari Samarinda. Ada yang datang dari Tenggarong, bahkan ada dari Sanga-Sanga yang ikut serta dalam memperebutkan Piala bergilir ini.

Meski datang dari jauh dengan membawa berbagai macam perlengkapan Beduk Sahur berupa Drum bekas, Ember, Jerigen, serta aksesoris yang cukup besar berbentuk Burung Ababil, Masjid, Burung Enggang dan lain-lainya, hal itu tidak menyurutkan semangat kaum remaja dalam menyalurkan kreasi dalam memukul beduk, meski lomba tersebut sempat diwarnai hujan gerimis.

Salah satu tokoh pemuda di Kota Samarinda yang menjadi panitia penyelenggara Haji Achmad Sukamto mengatakan, lomba tahun ini diikuti oleh 50 peserta.

“Malam ini bertepatan dengan Nuzulul Qur’an kita menyambut turunnya Al Qur’an, kita meriahkan dengan begarakan Beduk Sahur. Setiap tahunnya memang kita selenggarakan di Ikatan Remaja Masjid Al Mujibah dengan memperebutkan Piala bergilir. Jumlah peserta kurang lebih 50 peserta, peserta yang paling jauh dari Tenggarong dan Sanga-Sanga,” jelas Sukamto kepada DETAKKaltim.Com di sela-sela kegiatan lomba.

Rutenya yang dilalui peserta di seputaran Kelurahan Sungai Pinang Dalam. Mulai dari Jalan Gerliya, kemudian Jalan Merdeka, dan Jalan Lambung Mangkurat. Selanjutnya kembali ke Jalan Gerliya di Masjid Al-Mujibah untuk finish. Selain menyediakan Piala bergilir, pemenang lomba inipun mendapatkan uang pembinaan dengan total Rp5.750.000,-.

“Untuk usia umum, tidak ada batasnya. Harapannya ke depan kita membina generasi muda untuk melakukan kegiatan positif, yang tidak hura-hura di jalan untuk membangunkan sahur. Dengan adanya lomba ini, kita membina mereka untuk berkreasi dalam hal ketangkasan, keahlian memukul Beduk,” harap Sukamto.

Pelaksanaan lomba dihadiri Lurah Sungai Pinang Dalam Sutris Sianto, ia mengaku sangat mengapresiasi lomba Beduk Sahur ini, terlebih yang mengikuti kaum remaja.

“Kegiatan ini baik dan sangat positif. Ini adalah kegiatan yang sangat dinantikan oleh warga, mari yang punya hobi dan keahlian dalam memukul Beduk, silahkan salurkan dan kembangkan dalam kegiatan lomba-lomba seperti ini, mudah-mudahan ke depan ada di tingkat kota dan tingkat provinsi,” kata Sutris. (HR)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password