Arus Mudik 2019 Diperkirakan Membludak, Dishub Minta Bandara Bersiap

Kadishub Kaltim Haji Salman Lumoindong. (foto : Nita)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjelang kepadatan arus mudik, Dinas Perhubungan Kalimantan Timur (Dishub) Kaltim telah mempersiapkan langkah dan antisipasi strategis lewat Rencana Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019, Kamis (16/5/2019) pagi.

Hal tersebut diutarakan langsung Kadishub Kaltim Haji Salman Lumoindong usai rapat koordinasi dengan sejumlah intansi terkait, point utama ialah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di semua angkutan. Secara umum diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah penumpang sebesar 6 hingga 10%. Utamanya pada H-4 hingga H+2 menjelang lebaran.

Menurutnya, beberapa lonjakan yang paling diantisipasi ada pada 2 bandara utama Kaltim, yakni Bandara Sultan AJi Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan dan Bandara APT Pranoto (APTP) Samarinda.

Salman Lumoindong menuturkan, bahwa tanda-tanda kepadatan itu sudah terasa sejak beberapa bulan belakangan ini, antara lain untuk bulan April 2019, sudah mencapai 4.000 jumlah penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda, atau sekitar 1.000 pergerakan penumpang berangkat maupun yang datang dalam sebulan, untuk satu minggu sekitar 400-an lebih.

“Kita akan antisipasi dengan mempersiapkan extra flight dengan tujuan Surabaya, Makassar, Yogyakarta, dan Semarang di luar rute yang sudah ada,” ungkap Salman kepada DETAKKaltim.Com.

Salman juga mengatakan, bahwa penambahan itu sudah dikonfirmasi oleh beberapa maskapai antara lain Nam Air dan Lion Group. Selain itu, Dishub juga menyiapkan beberapa posko di Bandara Sultan AJi Muhammad Sulaiman dan juga APT Pranoto Samarinda, bertujuan untuk penumpang yang ingin beristirahat maupun bermalam lantaran berasal dari daerah jauh.

Dengan perkiraan kenaikan sekitar 6-10%, Salman yakin target itu optmistis bisa tercapai. lantaran data rata-rata menunjukkan, pada April saja, kisaran 90 ribu total penumpang terdata. Dimana yang berangkat mencapai 45 ribu orang dan datang sekitar 44 ribu orang.

Selain itu, Bandarapun diminta agar bersiap dalam arus mudik Lebaran. Khususnya bagi Bandara APT Pranoto Samarinda, beberapa failitaspun harus dilengkapi termasuk pemasangan alat bantu dalam pendaratan. (Nita)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password