Atasi Kekurangan Listrik, Bupati PPU Bertemu Puluhan Manajemen Perusahaan

Rakor Pemda PPU dengan sejumlah perwakilan perusahaan membahas persoalan listrik. (foto : hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : 33 perwakilan manajemen perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyampaikan dukungannya terhadap program kerja Bupati  PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM). Salah satu bentuk dukungan ini adalah  melalui program Corporate Social Responsibility atau CSR dari perusahaan yang siap mensukseskan program pemerintah daerah  “PPU Bersinar”.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan sejumlah perwakilan manejemen perusahaan di sela-sela Rapat Koordinasi, yang dirangkai dengan silahturrahmi dan buka puasa bersama antara Pemda PPU bersama perusahaan yang ada di Kabupaten PPU di Hotel Santika Hayam Wuruk Jakarta, Senin (13/5/2019).

Kegiatan ini juga dalam rangka sinkronisasi program dan kegiatan serta kerja sama antara Pemda PPU dengan pihak swasta.

“Alhamdulillah sejumlah manejemen perusahaan telah menyampaikan sikap bersama untuk membantu suksesnya program pemerintah daerah “PPU Bersinar” ini melalui dana CSR mereka yang ada. Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepaa seluruh perusahaan yang ada di PPU ini, semoga jalinan kerja sama ini semakin baik,“ kata Bupati PPU AGM.

Ia menambahkan, perihal ini memang juga sudah sepatutnya dilaksanakan oleh perusahaan. Mengapa demikian, kata dia, karena tidak pantas rasanya jika di lingkungan perusahaan yang megah namun masih ada masyarakat yang tidak memperoleh penerangan listrik sama sekali.

Orang nomor satu di PPU ini menambahkan, CSR perusahaan ini juga diharuskan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu harus segera dibentuk forum CSR yang ada di PPU saat ini, sehingga CSR dapat tersalurkan melalui satu pintu.

“Nanti forum CSR ini juga akan kami buatkan Perbup dan Perdanya sehingga CSR yang disalurkan perusahaan tidak kemana-mana atau tepat sasaran. Langkah pemerintah daerah ini juga membantu memberikan kenyamanan terhadap perusahaan-perusahaan dalam berinvestasi di PPU, sehingga tidak ada lagi gangguan dari pihak-pihak yang terkadang masih memanfaatkan situasi,” bebernya.

Sementara itu dijelaskan Ahmad Usman, bahwa program “PPU Bersinar” ini digagas oleh Bupati PPU benar-benar diperuntukkan bagi masyarakat PPU, khususnya mereka yang berada di wilayah pemukiman yang memang belum terjangkau oleh aliran listrik di 4 kecamatan yang ada di PPU. Melalui kerja sama pemerintah daerah dengan perusahaan di PPU ini, diharapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat yang tidak menikmati menerangan listrik di PPU.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Ahmad Usman, dari 4 Kecamatan di PPU ada sebanyak lebih kurang 618 titik masyarakat belum menikmati aliran listrik. Jika setiap titik memerlukan anggaran sebesar Rp3 Juta maka total anggaran yang dibutuhkan dalam jumlah ini adalah Rp1.854 000.000,-. Dengan jumlah tersebut maka masing-masing perusahaan akan memberikan bantuan sebesar Rp56 Juta atau masing-masing memberi 18 titik bantuan.

“Seluruh perusahaan telah sepakat dengan program yang ditawarkan oleh bupati PPU ini. Selanjutnya pihak perusahaan berharap agar segera dibuatkan surat resmi dari Bupati PPU kepada masing-masing perusahaan yang ada ini,” jelasnya. (Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password