Pasokan Datang, Harga Bawang Putih Mulai Stabil

Bawang Putih kini sudah mulai terlihat di pasaran, hargapun mulai stabil. (foto : RH)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Setelah mencapai harga di atas Rp100 Ribu per kilogram, kini harga Bawang Putih di pasaran mulai berangsur turun seiring banyaknya pasokan.

Pantauan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur (Kutim), Bawang Putih sudah berada di kisaran Rp60 Ribu per kilogramnya.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kutim, Achmad Dony Evriady menerangkan, naiknya harga Bawang Putih menjelang Ramadhan merupakan masalah nasional.

“Kasus harga Bawang Putih tinggi ternyata tidak hanya terjadi di Kutim namun hampir seluruh daerah di Indonesia, ini dikarenakan pasokan Bawang Putih nasional yang menipis, sementara import Bawang Putih yang dilakukan pemerintah belum datang. Jika Bawang Putih import sudah masuk maka harga akan kembali normal, sebagaimana biasa karena melimpahnya stok Bawang Putih,” terangnya, Sabtu (11/5/2019).

Namun demikian, lanjut Dony, melalui operasi pasar dan pemantauan yang dilakukan tim Satuan Tugas atau Satgas Pangan Kutim, di beberapa pusat penjualan agen maupun eceran seperti Pasar Induk Sangatta, dan beberapa pedagang sayur eceran ternyata harga Bawang Putih kini sudah mulai berangsur normal. Bahkan dari Rp 90 Ribu berada di kisaran Rp60 Ribu per kilogramnya.

“Jika tidak ada spekulan maupun pedagang yang nakal dengan sengaja menimbun Bawang Putih, Bawang Putih akan berangsung-angsur kembali normal di bawah harga Rp50 Ribu,” sebut Doni yang terus melakukan pemantauan harga Sembako selama Ramadhan serta menjelang lebaran. (RH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password