Meski Lancar Rapat Rekapitulasi Suara KPU Kaltim Alami Koreksi

Rapat Pleno KPUD Kaltim berlangsung di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. (foto : Nita)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2019, di Hotel Bumi Senyiur Jalan Pangeran Diponegoro Samarinda, Kamis (9/5/2019).

“Hari ini KPU Kaltim melaksanakan rapat pleno terbuka tingkat Kaltim, dengan estimasi waktu per kabupaten kota sekitar 2 jam. Acara berlangsung selama dua hari sehingga kita target dalam sehari lima Kabupaten/Kota,” jelas Ketua KPU Kaltim Rudiansyah.

Dalam proses ini KPU bersama Bawaslu Kaltim, dan peserta Pemilu melakukan pengecekkan data. KPU Kaltim melakukan koreksi di beberapa elemen data sertifikat, yaitu adanya kesalahan posting data yang berkaitan dengan DPT baik Laki-Laki maupun Perempuan, serta DPTB dan DPK.

Ditanya mengenai kendala, Rudiansyah mengatakan semua lancar tidak ada kendala apapun.

”Kendala untuk saat ini tidak ada masih lancar saja, karena cross check data yang diperoleh suara ternyata postingan yang kita lakukan bersama peserta dengan yang dimiliki Bawaslu sama,” kata Rudiansyah lebih lanjut.

Ia juga menyampaikan bahwa adanya koreksi itu terjadi ketika di tingkat Kabupaten/Kota tidak terjadi penyelesaian atas kesalahan data pada sertifikat, karena semuanya berkonsentrasi pada perolehan suara sehingga lupa sertifikat.

”Padahal sejak dari TPS memang sudah ditemukan ada kesalahan mem-posting jenis kelamin di dalam data kita, baik itu DPK maupun DPTB,” ungkap Rudiansyah.

Hal lain dikatakan Ketua Bawaslu Kaltim Saiful, menurutnya dalam rekap ini Bawaslu Kaltim ingin memastikan bahwa proses rekap ini berjalan dengan ketentuan yang ada, kemudian juga direkap itu tidak menutup kemungkinan adanya koreksi. Jadi jika sebelumnya di tingkat Kabupaten/Kota tidak terselesaikan maka diselesaikan dalam forum ini.

“Tadi memang Bawaslu meminta ada penjelesan atau uraian singkat semacam kronologis terjadinya koreksi perbaikan, sehingga ketika kita rekap di tingkat Nasional ini sudah ada penjelasan,” tutup Saiful. (Nita)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password