Terkuak, 45 Anggota DPRD Balikpapan Periode 2019-2024

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyerahkan dokumen kepada salah seorang saksi partai politik. (foto : Roni S)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Balikpapan Pemilu 2019,  digelar di Hotel Le Grendeur Balikpapan, Minggu (05/05/2019).

Rapat pleno berakhir sekitar Pukul 14:00 Wita, Senin (6/5/2019). Sempat diwarnai ketidakpuasan salah satu partai. Meski demikian, rapat tetap berjalan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku, sehingga dapat diterima semua pihak.

Dari rapat pleno tersebut, dapat diketahui siapa saja Caleg yang lolos untuk duduk di kursi DPRD Balikpapan periode 2019-2014.

Penutupan rapat pleno juga diwarnai dengan deklarasi damai bagi masing-masing Caleg, para saksi partai politik, PPK dan Bawaslu disaksikan aparat Kepolisian dan TNI yang dirangkai dengan buka puasa bersama.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, proses pemilihan memakan waktu cukup lama dan menguras tenaga dan pikiran adalah proses demokrasi yang harus dilalui. Sehingga wajar apresiasi bagi semua petugas yang terlibat proses pemilihan, khususnya di Balikpapan yang berjalan lancar.

“Kami apresiasi semua pihak dalam proses pemilihan kali ini. Termasuk masyarakat Balikpapan, dengan sadar telah menyampaikan hak suaranya. Dan tingkat partisipasi pemilih kali ini mencapai 79,9 persen menghampiri 80 persen,” ungkap Noor Thoha.

Lebih lanjut ia mengatakan, meski dalam proses pemilihan hingga perhitungan terdapat ketidakpuasan, semua itu adalah proses yang harus dijalani.

Senada disampaikan Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, keterlibatan semua pihak dalam proses Pemilu 2019 ini, menjadi momentum penting bagi masyarakat Balikpapan. Bahwa rasa aman dan keamanan masih terjaga dengan baik.

“Meski demikian, kita tetap menunggu keputusan resmi KPU Pusat, pada 22 Mei mendatang. Kami juga tetap melakukan pengawalan hasil pleno tingkat kota ini hingga ke Provinsi,” tegas Kapolres Balikpapan.

Walikota Balikpapan dalam sambutannya yang diwakil Kepala Kesbagpol Ketut Rasna menyampaikan ucapan terima kasih, kepada masyarakat Balikpapan yang telah menyampaikan hak suaranya dengan rasa aman dan demokratis.

“Terima kasih kepada semua petugas yang terlibat dalam Pemilu ini. Telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Sehingga Pemilu di Balikpapan dapat berjalan lancar,” kata Ketut.

Adapun hasil rekapan perolehan suara, 2 partai politik besar memperoleh kursi signifikan pada 6 daerah pemilihan (Dapil) di Balikpapan, masing-masing Partai Golkar memperoleh 11 kursi dan PDI Perjuangan memperoleh 8 kursi.

Sedangkan PKS 6 kursi, Gerindra 6 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi, NasDem 3 kursi, Hanura 2 kursi, Perindo 1 kursi, serta PKB 1 kursi. (Roni S)

Berikut 45 Calon Terpilih Anggota DPRD Balikpapan Periode 2019-2024 Hasil Rapat Pleno Tingkat Kota Balikpapan :

DAPIL I BALIKPAPAN KOTA

*Doris Eko Rian Desyanto (Golkar)

*Sri Hana (Demokrat)

*Fadillah (Golkar)

*H Haris (PDIP)

*Hasanuddin (PKS)

*Siswanto Budi Utomo (Gerindra)

DAPIL II BALIKPAPAN TENGAH

*Riri Saswita Diano (PDIP)

*Andi Arif Agung (Golkar)

*Wiranata Oey (PDIP)

*Nelly Turuallo (Golkar)

*Ardiansyah (PPP)

*Aminuddin (Gerindra)

*Sandy Ardian (PKS)

*Ali Munsjir Halim (Demokrat)

DAPIL III BALIKPAPAN BARAT

*Hj Fitriati (Golkar)

*Kamaruddin “Aco” Ibrahim (NasDem)

*M Alwi (Golkar)

*Rahmatia (Gerindra)

*Budiono (PDIP)

*Taufik Qulrahman (PKB)

DAPIL IV BALIKPAPAN UTARA

*Abdulloh (Golkar)

*Muhammad Taqwa (Gerindra)

*Asrori (Demokrat)

*Syukri Wahid (PKS)

*Syarifuddin Odang (Hanura)

*Hj Kasmah (Golkar)

*Puriyadi (NasDem)

*H Amin Hidayat (PKS)

*Fadlianoor (PDIP)

*Muhammad Najib (PDIP)

*Iwan Wahyudi (PPP)

DAPIL V BALIKPAPAN TIMUR

*Nurhadi Saputra (PPP)

*Sabaruddin Panrecalle (Gerindra)

*Suryani (Golkar)

*Subari (PKS)

*Yohanis Patiung (PDIP)

DAPIL VI BALIKPAPAN SELATAN

*Johny Ng (Golkar)

*Mieke Henny (Demokrat)

*Thohari Aziz (PDIP)

*Simon Sulean (Hanura)

*H Danang Eko Susanto (Gerindra)

*H Laisa (PKS)

*Hj Suwarni (Golkar)

*Capt Hatta Umar (Perindo)

*Parlindungan Sihotang (NasDem). 

Sumber : KPU Kota Balikpapan 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password