Pola Konsumsi Berubah, PDAM Kutim Jamin Pasokan Air Selama Ramadhan Aman

Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan . (foto : RH)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutim, menjamin pasokan air untuk seluruh pelanggannya selama bulan Ramadhan aman. Pasalnya, menjelang bulan Ramadhan PDAM Kutim sudah melakukan sejumlah pengurasan bak penampung air dan perawatan pipa, serta intake di sumber air baku.

“Untuk Ramadhan ini PDAM mengantisipasi segala hal memastikan pasokan aman dan lancar langsung ke pelanggan,” kata  Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan saat jumpa Wartawan di salah satu Rumah Makan, beberapa hari lalu.

Suparjan mengatakan, telah mengantisipasi segala hal guna memastikan kebutuhan air bersih pelanggan PDAM tercukupi selama Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri. PDAM Kutim sudah menjangkau 17 Kecamatan dari 18 Kecamatan yang ada di Kutim.

“Dari 18 Kecamatan yang ada sisa satu Kecamatan yang masih sedikit kesulitan untuk dijangkau PDAM, karena terkendala oleh operasional SPAM KEK Maloy yang sampai saat ini belum diuji coba,” jelasnya.

Segala persiapan telah dikerahkan, termasuk penyiagaan petugas pengawas kualitas air dan pengaliran yang akan bersiaga selama 24 jam.

“Ada petugas yang mengatur pengaliran selama 24 jam. Selama bulan Ramadhan kualitas kita jaga sesuai standar kesehatan,” katanya.

Menurutnya, selama Ramadhan terjadi perubahan pola konsumsi air masyarakat yang biasanya pagi dan sore hari yang menjadi lebih tinggi di sore dan malam hari.

Tingginya tingkat pemakaian diukur dari tekanan air yang dialiri, normalnya hanya 5-6 barr atau sama dengan 50 meter kolom air.  Ketika puncak pemakaian, tekanan bisa mencapai 0,3-0,5 barr.

“Biasanya tingkat pemakaian tinggi pagi dan sore hari. Tapi selama Ramadhan sore dan malam hari justru lebih tinggi. Karena kebutuhan masyarakat berbuka, shalat Tarawih dan Sahur,” katanya. (RH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password