2 PPK Kota Samarinda Tuntaskan Laporan di Rapat Pleno Terbuka

PPK Samarinda Ilir usari menyampaikan laporan. (foto : LVL)
PPK Samarinda Kota Abdul Basyit dan Yudi. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Samarinda pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda di Hotel Mesra Internasional Samarinda, Minggu (5/5/2019) pagi.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Samarinda Kota mendapat giliran pertama menyampaikan laporannya. Sepanjang penyampaian rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara, tidak ada sanggahan dari para saksi partai politik maupun saksi pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, didukung juga para saksi dan Bawaslu Kota dan Panwascam yang selama ini berkolaborasi sesuai prosedur dan tahapan,” jelas Ketua PPK Samarinda Kota Abdul Basyit kepada DETAKKaltim.Com usai menyampaikan laporannya.

Ia juga menjelaskan, selama perhitungan di PPK ada protes-protes yang muncul dan juga ada kejadian-kejadian khusus, namun semua bisa diatasi.

Usai PPK Samarinda Kota, giliran PPK Samarinda Ilir yang menyampaikan laporannya. PPK inipun tidak mendapat protes dari para saksi seperti halnya PPK sebelumnya, sehingga semua berjalan lancar. Hingga Pukul 16:30 Wita, 2 PPK di Kota Samarinda telah menyelesaikan laporan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suaranya.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Samarinda pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat saat ishoma menyampaikan dari 10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), baru 9 yang bisa mengikuti rapat pleno terbuka tersebut akibat PPK Sungai Pinang belum selesai melakukan rekapitulasi.

“Hari ini kami baru merampungkan 9 Kecamatan dari 10 Kecamatan yang ada di Samarinda. Sampai hari ini di Kecamatan Sungai Pinang, khususnya di Kelurahan Sungai Pinang Dalam baru akan menggelar rapat pleno di tingkat PPK pada hari ini,” jelas Firman.

Menurutnya, berdasarkan Surat Edaran dari KPU RI yang diterimanya menyebutkan bahwa perpanjangan perhitungan di tingkat PPK dimungkinkan, hingga perhitungan di tingkat Kota rampung dilaksanakan yaitu tanggal 7 Mei 2019. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password