Menuju Pemilu 2019, Rudiansyah : Distribusi Logistik Gunakan Helikopter ke Mahulu

Heli Bell 412 HA5183 pengangkut logitik ke Long Pahangai dan Long Apari. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kabupaten Mahakam Ulu, memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari pada Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim dalam proses distribusi kertas surat suara, hingga harus menggunakan jalur udara menggunakan melalui Helikopter.

Ketua KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan distribusi surat suara ke Mahulu menggunakan pesawat Helikopter dari Kodam VI/Mlw.

“Rencananya ada dua kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu yang fokus distribusinya akan menggunakan Helikopter,” sebut Rudiansyah, Minggu (14/4/2019).

Kedua Kecamatan tersebut masing-masing Long Pahangai dan Long Apari. Penggunaan Helikopter pertimbangannya karena akses dan medan menuju kawasan tersebut sangat berat. cuma bisa ditempuh menggunakan jalur Sungai Mahakam.

Kecamatan Long Pahangai yang merupakan wilayah paling barat di Kaltim, serta berbatasan langsung dengan Malaysia. Dalam penilaian KPU dibutuhkan Helikopter agar proses distribusi lebih efisien.

“Logistik untuk Kabupaten Mahulu sebagian besar sudah sampai juga. Helikopter sudah siap terbang tapi kesiapan logistik kami yang baru tiba jadi harus di-set. Karena ketika logistik datang, kami menyortir dulu kelayakannya baru kemudian dilipat sehingga saat sore hari baru bisa terbang,” jelas Rudiansyah lebih lanjut.

Sebelumnya, Pangdam VI/Mlw mengatakan telah menyiapkan armada Heli Bell 412 HA5183 BKO Koops Kodam VI/Mlw sesuai permintaan KPUD Kalimantan Timur, terhitung mulai, Minggu (14 /4/2019) untuk pelaksanaan distribusi logistik Pemilu 2019.

“Helikopter difokuskan untuk memberikan dukungan pelaksanaan distribusi logistik Pemilu, khususnya di wilayah Kabupaten Mahulu yang relatif memerlukan dukungan transportasi udara dalam mempercepat proses distribusi logistik Pemilu, agar dapat sampai tepat pada waktunya,” kata Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino.

Penyiapan Helikopter dukungan tersebut, kata Kapendam lebih lanjut, sesuai perintah Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto yang dimulai sejak tanggal 11 April 2019, merupakan siaga operasional Helikopter TNI AD untuk mendukung KPUD Kaltim, dalam mendistribusi logistik Pemilu di wilayah Kabupaten Mahulu yaitu dari Kecamatan Long Bagun ke Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password