Diterima Asisten dan Dirut BME, Pemkab PPU Belajar Pengelolaan Jargas SR di Bontang

Peninjauan ke Rumah Susun yang menggunakan Jargas. (foto : hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Bontang, untuk mengetahui lebih jauh pengelolaan Jaringan Gas  (Jargas) Bumi untuk rumah tangga oleh BUMD PT Bontang Migas Energi (BME), Jum’at (15/3/2019).

Rombongan Kunker dipimpin langsung oleh Wakil Bupati PPU, Haji Hamdam didampingi Asisten II Ahmad Usman, Tenaga ahli, dan 3 Kepala Bagian di Setkab PPU. Rombongan diterima oleh Asisten Adminitrasi Pembangunan Kota Bontang Zulkifli dan Direktur BME Kasmiran Rais beserta seluruh staf.

Menurut Kasmiran, program Jargas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan  harga lebih murah, pengurangan penggunaan LPG, tersedia 24 jam, masyarakat tidak perlu repot antri atau mencari Tabung Gas jika habis, lebih aman, lebih ramah lingkungan/lebih sehat.

Melihat hasil dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, Kasmiran menyatakan bahwa program ini juga didukung sepenuhnya oleh Pemkot Bontang sehingga hasil yang diterima bisa lebih maksimal

“Untuk diketahui saat ini PT BME mengelola secara penuh Jargas dengan 18.436 sambungan rumah (SR) dimana dari jumlah itu di antaranya 13.005 SR dipasang Melalui APBD Kota Bontang dan 5.421 SR melalui APBN, ” jelas Kasmiran.

Rombongan Kunker Pemkab PPU juga meninjau wilayah rumah susun sewa Bontang yang telah terpasang Jargas dan telah beroperasi di sana.

Menurut Alimuddin yang tinggal dan telah menikmati Jargas, selama menggunakan Jargas sangat nyaman, hemat dan aman. Selama menggunakan LPG 3 Kg bisa sampai 4 tabung dalam sebulan, dengan antri dan harus membawa-bawa Tabung ke agen. Selama menggunakan Jargas ia hanya membayar sekitar Rp60 Ribu, bahkan kurang dan tanpa khawatir jika habis di malam hari.

Saat ini PPU telah terpasang 4.002 SR dari target 5.000 di tahun 2018, dikarenakan kendala waktu yang sedikit dan sebaran rumah yang tidak merata. Pemkab PPU mengusulkan Jargas akan terpasang hingga 46.186 SR sampai tahun 2022.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Usman mengatakan, dipastikan SR yang telah terpasang akan beroperasi akhir bulan ini. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan tanggal 29 Maret sebagai jadwal peresmian Jargas di PPU.

Peresmiannya akan dilakukan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. Kepastian itu dituangkan dalam Surat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM bernomor 854.und/04.DMI/2019 tertanggal 12 Maret 2019.

“Nantinya Menteri ESDM Ignasius Jonan secara simbolis akan meresmikan Jargas di Gardu Induk, Jalan Propinsi Km 4, Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam. Tepatnya di samping tempat permakaman umum Nenang. Jadi jadwalnya sudah fix. Semoga tidak ada penundaan lagi,” harap Usman. (Humas/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password